Sekarang Arab Saudi Mengizinkan Wanita Mengenakan Bikini di Pantai

Akunews.com | Pemerintah Saudi telah memperbolehkan kaum hawa untuk mengenakan bikini di pantai. Kebijakan yang mengejutkan tersebut diputuskan dengan maksud meningkatkan ekonomi pariwisatanya.

Arab Saudi adalah negara yang memiliki aturan yang sangat ketat terhadap wanita. Undang-undang yang ditetapkan membuat mereka mengharuskan wanita mengenakan pakaian yang tertutup, wanita juga tidak boleh mengemudi, dan jika ingin keluar rumah harus didampingi. Beberapa waktu lalu bahkan viral diberitakan tentang seorang gadis ditangkap karena mengenakan rok mini di sebuah desa.

Dilansir dari beberapa sumber seperti Telegraph dan The Sun Jumat (4/8/2017) bahwa Pangeran Arab, Muhammed bin Salman mengumumkan undang-undang terbaru tentang toleransi perempuan memakai bikini. Undang-undang tersebut masih hanya berlaku di proyek resort mewah yang akan di bangun di pantai di kawasan Laut Merah.

Pangeran yang baru dilantik bulan Juni lalu tersebut, ingin agar Arab Saudi tidak hanya menggantungkan perekonomian pada sektor minyak saja. Akan tetapi juga ingin ada sebuah pembaruan guna meningkatkan perekonomian Arab Saudi lewat jalur wisata.

Pangeran bersama anggota kerajaan
Langkah pertama untuk menggenapi rencana tersebut adalah dengan membangun sebuah resort mewah di Laut Merah. Proyek ini akan dimulai pada tahun 2019 nanti, sedang tahap awalnya ditargetkan untuk selesai di tahun 2022. Nantinya, pangeran juga akan merancang undang-undang untuk aturan di sekitar bangunan resort, yaitu dengan diperbolehkannya wanita bersantai di pantai meski hanya mengenakan bikini.

Pemerintah Arab Saudi sangat serius dengan rencana tersebut, karena yang ingin dibangun tidak cuma sekedar resort mewah saja. Pihak pemerintah juga sudah merancang tempat untuk para traveler supaya nantinya dapat juga melakukan aktivitas outdoor yang menyenangkan, misalnya seperti terjun payung, trekking, dan panjat tebing di Arab Saudi.


Pengunjung juga dapat mendatangi kawasan satwa langka seperti burung elang dan macan tutul. Atau bisa melihat reruntuhan kuno Mada'in Saleh, situs cagar budaya UNESCO yang ada di Arab Saudi. Dan satu hal yang paling menarik adalah traveler tidak lagi memerlukan visa kalau ingin berkunjung ke Arab Saudi.

Artikel terkait:

Pangeran Arab Saudi Mengizinkan Wanita Mengenakan Bikini di Pantai