Padang Smart City Diskominfo Bakal Buat Aplikasi untuk Penjualan Produk UKM Secara Online

Akunews.com |
Padang Smart City , Diskominfo Bakal Buat Aplikasi untuk Penjualan Produk UKM Secara Online
- Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Komunikasi Informatika terus meningkatkan pemanfaatan dunia digital untuk peningkatakan perekonomian masyarakat. Untuk mewujudkan itu , Padang Smart City (Padang sebagai Kota Cerdas , red) harus diwujudkan. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang , Didi Aryadi mengatakan , smart city merupakan sebuah keinginan dari hampir semua Negara di dunia. 

"Dengan Smart City , banyak sekali macam data dan info yang berada di setiap sudut kota dapat dikumpulkan melalui sensor yang terpasang di setiap sudut kota , dianalisis dengan aplikasi cerdas , selanjutnya disajikan sesuai dengan kebutuhan pengguna melalui aplikasi yang dapat diakses oleh banyak sekali jenis gadget ," ujarnya kepada media ini , Selasa , 18 Juli 2017. 

Melalui gadgetnya , secara interaktif pengguna juga dapat menjadi sumber data , mereka mengirim info ke sentra data untuk dikonsumsi oleh pengguna yang lain. Untuk mewujudkan Padang Smart City tersebut , Diskominfo Kota Padang telah menjalin kerjasama dengan beberapa pergurun tinggi di tempat ini. 

"Kita kerjasama dengan beberapa sekolah tinggi tinggi yang memang memiliki study perihal itu. Diantaranya , dengan Universitas Putra Indonesia (UPI) , STIMIK , Politeknik Negeri Padang dan lainnya. Mereka memiliki skill perihal itu ," terang mantan Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kota Padang ini.  

Ia mengatakan , kerjasama tersebut merupakan bentuk pemanfaatan potensi yang ada. Perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Diskominfo Kota Padang akan melatih Sumber Daya Manusia (SDM) di kelurahan untuk mampu mengoptimalkan teknologi informatika demi peningkatakan ekonomi di kelurahan tersebut. 

"Kita mengoptimalkan potensi yang ada. Mereka ini melatih SDM Kelurahan untuk mampu mengoptimalkan teknologi informatika demi peningkatakan ekonomi di kelurahan tersebut ," katanya.

Dikatakannya , ketika ini , penetrasi digital tak mampu dihambat dan dihindari. Perkembangan zaman harus diikuti. Pemerintah Kota Padang ingin produk-produk UKM di kelurahan dijual secara online.

"Kita mengoptimalkan , alasannya yakni zaman sekarang  penetrasi digital tak mampu dihambat. Kita harus ikuti perkembangan itu.  Kita ingin produk-produk di kelurahan itu dijual secara online ," tegasnya. 

Untuk itu , terang Didi Aryadi , Diskominfo Kota Padang akan membuat aplikasi untuk menampung UKM yang ada dikelurahan tersebut. Produk-produk UKM itu nantinya dijual melalui aplikasi yang dibuat tersebut.

"Kita akan bikin aplikasi untuk menampung UKM yang ada di kelurahan. Aplikasi yang membantu perekonomian masyarakat lokal. Aplikasi tersebut mengoptimal kemajuan teknologi di kala digital ," ujarnya.  

Diakui Didi , selama ini , pelaku UKM di kelurahan sudah banyak juga menjual secara online ,  misalnya melalui facebook. Namun belum optimal. Untuk itu , mereka akan dikumpulkan dalam satu aplikasi , supaya terarah. Pelaku UKM ini tak membayar sepeser pun untuk mampu ikut dalam sistem aplikasi ini.

"Mereka sudah banyak juga menjual secara online , misalnya melalui facebook. Kita ingin kumpulkan ini dalam satu aplikasi , supaya lebih terarah. Pelaku UKM tidak membayar untuk ikut serta dalam aplikasi ini ," pungkasnya.  

Tak hanya itu , urai Didi , pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan pihak Telkom untuk mencarikan ruang bagi generasi muda yang punya potensi menciptkan urusan ekonomi startup.

"Kita juga akan kerjasama dengan Telkom untuk membuat suatu ruangan digital untuk memberi tempat kepada genarasi muda yang punya potensi menciptkan urusan ekonomi startup. Kita menginginkan Kota Padang jadi sentra urusan ekonomi startup untuk wilayah Sumatera ," jelasnya. 

(by)

Artikel terkait: