MashaaAllah Muslimah Ini bisa Lulus Cumlaude dan punya Omset 90 Juta

Akunews.com |

Inspiratif , Tak kalah dari keterbatasan , 90 juta diraih

MashaaAllah , Muslimah Ini Lulus Cumlaude dan punya Omset 90 Juta
Ulfa Nurjanah ketika di wisuda dan mententeng produk olahan Cuminya. (ristekdikti.go.id)

  Wisuda merupakan satu perkara yang ditunggu-tunggu oleh seabreg Mahasiswa. Dengan segala ujian yang dihadapi dikala kuliah , seorang mahasiswa harus bisa menjaga komitmennya untuk bisa wisuda diakhir perjuangannya. Dan nggak sedikit pula yang yang gagal mencapai final usaha tersebut. Tuh yang belum lulus jadi Baper. hehehehe....

Sudah banyak desas-desus miring perihal Mahasiswa yang gagal lulus , penyebabnya banyak sekali. Tetapi yang utama yaitu ketidakmampuan menjaga komitmennya. Alasannya , ya keterbatasan.Seperti ketika sudah mengenal dunia UKM ( Unit Kerja Mahasiswa ) , ketika sudah menyambi parttime , ketika sudah mulai berbisnis , ketika ekonomi tak bisa lagi menjadi orang bau tanah didik , yang parah lagi , alasannya pergaulan. Menurut saya ini terparah kalau alasannya pergaulan , dan kau collaps dari status mahasiswa!

Memang sih , dengan begitu , menunjukan kau belum menjadi orang terpilih untuk merasakan indahnya skripsi. Hehehe , ,.. Collaps alasannya pergaulan , itu menyerupai pepatah ngawur , "Kamu jadi akseptor lomba lari , sudah dalam posisi berlari , tapi tergiur penonton yang euforia bersorak-sorak , hasilnya berhenti berlari dan memilih jadi penggembiranya saja". Padahal kalau bisa menyelesaikan , kau akan lebih bangga daari para penggembira lho..

Ngomong-ngomong perihal wisuda , ada seorang muslimah yang menerima predikat cumlaude dan sudah bisa menerima omset 90 juta perbulannya. Siapa dia? ko hebat?  

Muslimah tersebut mengikuti Wisuda Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Kampus ini selalu menyisakan kisah menarik dari salah satu wisudawannya. Seperti maret lalu ada wisudawan yang membagikan susu gratis alasannya ia berhasil mendpatkan omset 1 milyar.

Untuk kali ini , muslimah yang menjadi wisudawati tersebut menjadi sentra perhatian , Ulfa Nurjanah namanya. Meskipun masuk ke UNNES dengan status mahasiswa Bidikmisi , ia berhasil membuktikan bahwa keadaan ekonomi yang kurang baik , nggak menjadi pembatas baginya untuk berkuliah dan berwirausaha.

Walhasil , ia lulus sempurna waktu dari UNNES dengan atribut Cumlaude serta menjadi wirausahawan muda sukses. Dalam kegiatan wisuda tersebut , Ulfa pun tampil menunjukkan motivasi serta bercerita kisah usahanya.

Kisah hidupnya , setelah lulus sekolah menengah atas , Ia melanjutkan kuliah di UNNES melalui jalur Bidikmisi. Ia berkata , bahwa pada awal perkuliahan , ia bertahan dengan uang saku yang minim dan menumpang di kontrakan senior. Belum lagi , ia harus bersanding dengan sahabat – sahabat yang memiliki latar belakang yang mapan. Kendati demikian , ia tidak merasa minder alasannya santunan dari teman-teman dan dosennya. Adanya kegiatan Bidikmisi dari Kemristekdikti membuatnya bisa bertahan untuk berkuliah. Kemudian , berafiliasi dengan teman-temannya , ia menjalankan usaha Cumi Krispi yang diberi merek Mr. Cuki. Dari usahanya tersebut , Mr. Cuki telah sukses memiliki 6 outlet dan omzet total 90 juta rupiah per bulannya.

Ulfa berpesan , Omzet yang saya miliki memang tidaklah setinggi usaha lain yang lebih sukses. Namun , yang terpenting yaitu bagaimana kita bisa berkontribusi pada sekeliling kita. Ia menambahkan , Ketidakmampuan secara ekonomi bukanlah sebuah kelemahan , namun hal ini yaitu sebuah potensi yang dapat dikembangkan.

Sebuah pujian , ketika lulusan sarjana berhasil berpikir global tanpa kalah dari keadaan. Apalagi alasannya pergaulan yang nggak baik. Apa yang Ulfa lakukan , sungguh hebat.  Bertahan dari rasa minder dan keterbatasan ekonominya. Namun , ia nggak collaps tapi terus move on (bergerak untuk terus hidup). Lagi-lagi , pemilihan sahabat menjadi point penting , bagaimana ia bisa menghasilkan omset yang begitu luar biasa yaitu jasa dari teman-temannya yang selalu menunjukkan support.

So , bagi para Mahasiswa baru. Pandai-pandailah dalam memilih sahabat ketika dalam dunia perkuliahan. Kamu jauh dari keluargamu , lingkunganmu pun jadi semakin beragam. Kamu nggak membuat benteng diri , kau hancur. Bentengi dirimu dari yang namanya pacaran , hal tersebut akan membuatmu nggak fokus pada tujuan utamamu.

Dan , yang terpenting , kau siap untuk berpikir global. Seperti pedoman Ulfa yang luar biasa , apa itu?

"Omzet yang saya miliki memang tidaklah setinggi usaha lain yang lebih sukses. Namun , yang terpenting yaitu bagaimana kita bisa berkontribusi pada sekeliling kita. Ketidakmampuan secara ekonomi bukanlah sebuah kelemahan , namun hal ini yaitu sebuah potensi yang dapat dikembangkan"
Siapakah kau berpikir global (luas) ?  Semoga kisah Ulfa Nurjanah bisa menjadi motivasi kawan atmosferku.com yang mau masuk kuliah. Jangan sia-siakan masa kuliah ya , lakukan maksimal untuk pengembangan diri. OKE!

 
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  MashaaAllah , Muslimah Ini Lulus Cumlaude dan punya Omset 90 Juta
Mari menjadi hero penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin

Artikel terkait: