Manfaat Jahe untuk Kesehatan Kecantikan dan Ibu Hamil

Akunews.com |
Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale ini sudah dikenal sebagai rempah memiliki kegunaan selama ribuan tahun yang lalu. Manfaat jahe terutama alasannya yakni kandungan senyawa mirip minyak atsiri zingiberena (zingirona) , zingiberol , bisabolena , kurkumen , gingerol , filandrena , dan resin pahit.
Advertisement

Jahe diperkirakan berasal dari daratan Cina Selatan , yang kemudian menyebar ke seluruh Asia , Eropa , Afrika sampai Amerika Latin. Hampir selalu ada dalam aneka macam kuliner oriental , baik berupa tumisan , bakar , goreng , sampai kukus.

Terlepas manfaat kesehatan yang terkandung , jahe manwarkan rasa dan aroma khas yang menambah sedap masakan. Jahe juga biasa digunakan untuk membantu menghilangkan bau amis bahan makanan mirip ikan , udang , daging sapi , dan unggas.

Manfaat dan Khasiat Jahe

Khasiat Jahe
Morning sickness
Jahe diyakini memiliki efek konkret bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Mengkonsumsi segelas air hangat dengan campuran jahe menjadi cara paling efektif untuk mengatasi gangguan ini.

Memerangi sel kanker
Kandungan nutrisi dalam jahe juga membantu meredam perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Sejumlah studi mengungkap khasiat ekstrak jahe dalam memerangi beragam kanker mirip kanker ovarium dan usus.

Mengurangi sakit dan radang
Jahe bersifat anti-inflamasi yang dapat dijadikan obat pengurang rasa sakit. Bagi Anda yang memiliki persoalan osteoarthritis atau arthritis , jahe merupakan pilihan sempurna untung mengurangi rasa sakit.

Antibakteri
Dalam sebuah metode uji laboratorium , jahe menawarkan efek antibakteri dan antijamur. Jahe mengandung sejumlah besar anti-oksidan zingerone dan dapat melindungi jaringan tubuh dari kerusakan oksidasi.

Obat mabuk perjalanan
Bagi Anda yang sering mengalami mabuk perjalanan , ada baiknya Anda mengkonsumsi minuman jahe. Rempah ini diyakini selain mengurangi rasa mual juga menyembuhkan jet lag.

Atasi gangguan menstruasi
Berbagai obat kimia hadir untuk mengurangi rasa sakit yang dialami wanita ketika menstruasi. Namun , Anda harus mencoba cara alami ini. Mengkonsumsi teh jahe yang dicampur dengan gula merah.

Sakit gigi
Untuk mengatasi persoalan gigi , gosokkan jahe mentah pada gigi yang nyeri , jikalau perlu ratakan pada seluruh bagian dalam lisan untuk mengurangi rasa sakit.

Batuk dan sakit tenggorokan
Jahe juga dikenal sebagai obat Ayuverdic untuk batuk dan sakit tenggorokan. Jahe tidak hanya menenangkan susukan tenggorokan , tetapi juga mempercepat penyembuhan.

Mengatasi mual perut
Untuk membuatnya sangat mudah. Pertama , cuci bersih jahe , lalu jemur selama satu hari. Kemudian , jahe dikupas sedikit kulitnya dan digeprek. Lalu , seduh dengan air panas sambil ditutup sampai hangat. Ramuan tersebut kemudian dicampurkan dengan air gula sesusai selera. Minumlah satu kali sehari.

Menurunkan kolesterol
Sejumlah studi menawarkan bahwa konsumsi jahe secara reguler efektif mengurangi perembesan kolesterol dalam darah dan hati. Kandungan gingerol dalam jahe juga memiliki efek antikoagulan yang bisa mencegah penggumpalan darah. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang memperlancar pemikiran darah.

Menghilangkan jerawat
Kupas kulit satu siung jahe berukuran kecil. Bersihkan sampai bagian warna coklatnya mengelupas dan terlihat bagian dalam yang berwarna kuning. Iris jahe sampai ketebalannya sekitar 1/4 inci. Bersihkan wajah dengan cara membilasnya dengan air. Aplikasikan jahe yang sudah diris ke seluruh area wajah sambil berikan pijatan perlahan. Putar-putar sampai jahe mengeluarkan cairan berminyak. Berbaringlah dan letakkan jahe di seluruh permukaan wajah. Diamkan selama sekitar 10 sampai 15 menit. Setelah itu bilas lagi wajah dengan air dan keringkan dengan handuk lembut.

Membuang racun dalam tubuh
Tambahkan dua ratus gram bubuk jahe pada air hangat. Jahe mengandung senyawa anti-inflamasi yang bisa meningkatkan sirkulasi darah. Termasuk membantu membuang racun dalam tubuh melalui keringat. Berendamlah selama sekitar 20 sampai 30 menit. Sambil berendam , penuhi juga kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Anda perlu mengembalikan mineral dan cairan yang hilang melalui keringat.

Menghilangkan sakit kepala
Jahe tidak hanya membantu mengurangi rasa mual , tetapi juga bermanfaat untuk memerangi sakit kepala. Karena dalam jahe mengandung anthistamin dan anti inflamasi. Jika sakit kepala telah melanda , Anda dapat menikmati manisan jahe untuk mengurangi rasa nyeri.

Selain jahe , masih ada rempah lain yang biasa digunakan sebagai obat tradisional mirip kunyit dan temulawak. Sekian artikel mengenai manfaat jahe , biar bermanfaat.

Artikel terkait: