Manfaat Daun dan Buah Srikaya untuk Pengobatan

Akunews.com | Srikaya (Annona squamosa L.) merupakan tanaman buah yang memiliki banyak sebutan di banyak sekali kawasan di Indonesia. Ada yang menyebutnya delima bintang , serba bintang , sarikaya , seraikaya , serkaya , surikaya , srikawis , sarkaja , serakaja , sirikaja , garoso , ata , atis soe walanda , sirikaya , sirikaja , dan hirikaya. Kalau di tempat ada buah srikaya ini disebut apa?

Dari bentuk buah dan daunnya , sekilas srikaya ini seperti dengan buah sirsak. Begitu pun khasiatnya, jikalau daun sirsak memiliki kegunaan untuk pengobatan tradisional , maka daun dan buah srikaya pun begitu. Bahkan hampir semua bagian tanaman srikaya ini bermanfaat sebagai obat.

Manfaat Daun Srikaya

Buah SrikayaDaunnya digunakan untuk mengatasi batuk , demam , reumatik , menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi , diare , disentri , rectal prolaps pada anak-anak , cacingan , kutu kepala , pemakaian luar untuk borok , luka , infeksi , skabies , kudis , dan ekzema. Contoh pemakaian:

Borok dan bisul
Cuci daun segar secukupnya , lalu giling hingga halus. Tambahkan sedikit garam , lalu gunakan ramuan ini untuk menurap borok atau infeksi dan balut. Dalam sehari , ganti 2--3 kali.

Tiba-tiba pingsan , menenangkan penderita histeris
Cuci daun segar secukupnya , lalu tumbuk hingga halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita biar baunya terhisap oleh penderita.

Cacingan pada anak
Cuci daun srikaya segar (15 lembar) , lalu rebus dengan lima gelas air hingga tersisa tiga gelas. Setelah hirau taacuh , saring dan minum tiga kali sehari , masing-masing satu gelas.

Gangguan pencernaan
Cuci daun srikaya segar secukupnya , giling hingga halus , lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.

Kudis
Cuci daun srikaya segar (15 lembar) , lalu giling hingga halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.

Manfaat Biji dan Buah Srikaya

Bijinya juga mampu dimanfaatkan untuk mengatasi pencernaan lemah , cacingan , dan mematikan kutu kepala dan serangga. Buah sirsak yang masih muda digunakan untuk mengobati diare , disentri akut , dan gangguan pencernaan (atonik dispepsia).Berikut ini pola pemakaiannya:

Membasmi kutu anjing
Mandikan anjing yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji srikaya.
Caranya , tumbuk halus daun atau biji srikaya , tambahkan air secukupnya , lalu saring airnya dan gunakan untuk memandikan anjing.

Mematikan kutu kepala
Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam) , lalu giling hingga halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa , lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala , lalu bungkus dengan kain. Setelah tiga jam , buka dan cuci hingga bersih. Jangan hingga bilasan air masuk ke mata alasannya dapat mengakibatkan iritasi dan meradang.

Mematangkan bisul
Ambil isi buah yang sudah masak , lalu giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada infeksi , lalu balut dengan kain kasa.

Manfaat Akar dan Kulit Kayu

Akarnya digunakan untuk mengobati sembelit , disentri akut , depresi mental , dan nyeri tulang punggung. Kulit kayu digunakan untuk mengatasi diare , disentri , dan luka berdarah. Contoh Pemakaian:

Diare
Cuci kulit batang srikaya (6--10 g) , potong kecil- kecil , lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air hingga tersisa separuhnya. Setelah hirau taacuh , saring dan minum dua kali sehari , masing-masing satu gelas.

Catatan
  • Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya.
  • Hati-hati jikalau minum rebusan biji , kulit kayu , dan akar srikaya alasannya mengandung racun.
  • Hanya digunakan dibawah pengawasan herbalis berpengalaman.
Jika ditelusuri lebih lanjut , di Indonesia ini memang banyak sekali tanaman yang memiliki kegunaan sebagai obat. Salah satunya yakni srikaya , selain sebagai tanaman buah juga mampu dijadikan sebagai herbal untuk pengobatan.

Artikel terkait: