Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu untuk Pengobatan

Akunews.com | Mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Beberapa kawasan di Indonesia memiliki sebutan beragam untuk mengkudu ini. Diantaranya Pace , Kemudu , Kudu (Jawa); Cangkudu (Sunda) , Kodhuk (Madura) , Wengkudu (Bali) dan masih banyak lagi. Buah mengkudu yang masih mentah biasanya digunakan untuk campuran rujak. Sementaranya buah yang masak digunakan untuk pengobatan.

Meskipun baunya sangat tidak sedap , namun buah mengkudu yang sudah masak di pohon memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Hal ini alasannya yaitu ada beberapa kandungan zat didalamnya , antara lain morinda diol , morindone , morindin , damnacanthal , metil asetil , asam kapril dan sorandiyiol.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional disertai dengan teladan resep dan penggunaannya.

Khasiat Buah MengkuduMengatasi Hipertensi
Tekanan darah tinggi mampu diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya , sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya , kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.

Menyembuhkan Batuk
Manfaat buah mengkudu yang lainnya yaitu mengobati batuk. Caranya yaitu dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya , lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Obat Sakit Perut
Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya yaitu sebagai obat sakit perut. Jika Anda atau keluarga terkena sakit perut , ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih , kemudian ditumbuk halus , ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah hambar , airnya disaring dan diminum.

Mengobati Sakit Kuning
Bahan yang diharapkan yaitu 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya , buah mengkudu diperas untuk diambil airnya , kemudian dicampur dengan madu hingga merata. Saring airnya , diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Demam , Masuk angin dan infuenza
Bahan yang dibutuhkan yaitu 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan hingga tinggal 1 gelas. Setelah hambar , airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari , tiap pagi dan sore.

Mengatasi kulit bersisik
Buah mengkudu yang sudah masak di pohon memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk kecantikan , buah mengkudu mampu digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya , bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut hingga merata , dan dibiarkan selama 5-10 menit , kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Dewasa ini , buah mengkudu sudah dijadikan ekstrak dan dijual dalam kemasan. Baik dalam bentuk sirup maupun jus. Oh , ya jus mengkudu ini dikenal juga dengan nama jus Noni.

Artikel terkait: