Manfaat dan Fungsi Vitamin E (Tokoferol) untuk Tubuh Manusia

Akunews.com | Vitamin E atau dikenal juga sebagai Tokoferol merupakan grup vitamin yang larut dalam lemak mirip vitamin A dan vitamin D.

Dosis vitamin E harian yang dianjurkan yaitu 7mg. Kasus kekurangan vitamin E sangat jarang terjadi , namun biasanya ditandai dengan proses penyembuhan luka yang lambat. Sementara itu , kelebihan vitamin E ditandai dengan gejala meningkatnya mirip asam lambung , sakit kepala , cepat lelah , dan lemah otot.

Beberapa jenis sayuran yang mengandung vitamin E diantaranya minyak biji gandum , minyak kedelai , minyak jagung , alfalfa , selada , kacang-kacangan , asparagus , pisang , strawberry , biji bunga matahari , minyak zaitun , buncis , ubi jalar dan sayuran berwarna hijau.

Manfaat dn fungsi vitamin E bagi tubuh sendiri diantaranya santioksidan alami , membantu penyembuhan , mencegah terjadinya bekas luka , menjaga kesehatan sel darah merah dan saraf , serta melindungi membran sel.

Manfaat dan Fungsi Vitamin E

Vitamin E TokoferolSelama ini banyak orang mengenal vitamin E hanya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berdasarkan Wikipedia , berikut ini beberapa manfaat vitamin E bagi tubuh manusia.

Kekebalan Tubuh
Vitamin E dapat meningkatkan daya tahan tubuh , membantu mengatasi stres , meningkatkan kesuburan , meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner.

Kesehatan Kulit
Berperan sangat penting bagi kesehatan kulit , yaitu dengan menjaga , meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit , mencegah proses penuaan dini , melindungi kulit dari kerusakan akhir radiasi sinar ultraviolet , serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Sebagai Antioksidan
Semua vitamin E yakni antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akhir adanya radikal bebas. Dalam melakukan fungsinya sebagai antioksidan dalam tubuh , vitamin E bekerja dengan cara mencari , bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas.

Dalam reaksi tersebut , vitamin E sendiri diubah menjadi radikal. Namun radikal ini akan segera beregenerasi menjadi vitamin aktif melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain.

Zat Pelindung
Melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan. Selain mampu melindungi dari akhir kelebihan vitamin A dan melindungi vitamin A dari kerusakan , vitamin ini juga mampu melindungi tubuh dari akhir banyak sekali obat , bahan kimia , dan logam yang mendukung pembentukan radikal bebas.

Oke , sekian gosip mengenai fungsi vitamin E bagi tubuh manusia. Semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan Anda.

Artikel terkait: