Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Pengobatan

Akunews.com | Delima (Punica granatum L.) merupakan tanaman buah yang termasuk dalam keluarga Punicaceae. Tanaman ini berasal dari timur tengah dan dapat tumbuh pada ketinggian 1000 m dpl. Delima sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk dimakan buahnya.

Buah delima memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Kandungan utamanya antara lain alkaloid pelletierene , granatin , betulic acid , ursolic acid , isoquercitrin , elligatanin , resin , triterpenoid , kalsium oksalat , dan pati yang terdapat pada kulit buah delima. Bagi yang suka mengkonsumsi jus buah delima , dalam segelas jus mengandung asam sitrat , asam malat , glukosa , fruktosa , maltosa , vitamin A , vitamin C , mineral (kalsium , fosfor , zat besi , magnesium , natrium , dan kalium) , dan tanin.

Selain buah , hampir semua bagian tanaman juga bermanfaat sebagai obat. Dari mulai akar , biji , daun , bunga , hingga kulit pohonnya. Dan berikut ini beberapa referensi manfaat buah delima sebagai obat tradisional untuk mengatasi aneka macam penyakit:

Manfaat Buah Delima

Buah DelimaDaging buah delima digunakan untuk menurunkan berat badan , mengobati cacingan , sariawan , tenggorokan sakit , bunyi parau , tekanan darah tinggi (hipertensi) , sering kencing dan perut kembung.

Sering kencing
Ambil isi buah delima (yang segar dan masak , satu buah) dan segenggam kucai , lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa separuhnya , angkat dan dinginkan. Minum air rebusan dua kali sehari , masing-masing tiga perempat gelas.

Sariawan
Ambil dua buah delima segar yang sudah masak. Ambil isi berikut bijinya , lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata , lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur , lalu telan. Lakukan 2--3 kali sehari , hingga sembuh.

Batuk sudah berlangsung lama
Ambil sebuah delima yang belum terlalu masak. Setiap malam sebelum tidur , kunyah biji delima tersebut. Buang bijinya.

Suara serak , tenggorokan kering
Ambil sebuah delima segar , belah , dan ambil isinya. Kunyah , lalu buang bijinya. Lakukan 2--3 kali sehari.

Cacingan
Campur jus buah delima dengan jus wortel , masing-masing setengah gelas. Aduk hingga merata , lalu minum sekaligus.

Jus buah delima
Gunakan jus buah delima untuk berkumur pada sariawan , radang gusi , gigi berlubang , atau sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang.

Manfaat Kulit Buah Delima

Kulit buah (shi flu pi) digunakan untuk mengobati sakit perut alasannya cacing , buang air besar mengandung darah dan lendir (disentri amuba) , diare kronis , perdarahan mirip wasir berdarah , muntah darah , batuk darah , perdarahan rahim , perdarahan rektum , prolaps rektum , radang tenggorokan , radang indera pendengaran , keputihan (leukorea) dan nyeri lambung.

Cacingan
Rebus kulit delima kering dan serbuk biji pinang (masing-masing 15 g) dengan tiga gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah cuek , saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi.

Manfaat Akar Delima

Akar dan kulit kayu digunakan untuk mengatasi cacingan terutama cacing pita (taeniasis) , batuk , diare. Contoh pemakaian:

Cacingan
Cuci akar delima yang telah dikeringkan (7 g.) , lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. Setelah cuek , saring dan minum airnya sekaligus.

Keputihan
Rebus kulit delima kering (30 g) dan herba sambiloto kering (15 g) dengan satu liter air bersih. Biarkan hingga air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah cuek , saring clan bagi untuk tiga kali minum , pagi , siang , dan malam hari. Air rebusan ini juga mampu digunakan untuk cuci vagina. Khusus wanita yang sudah menikah , gunakan dengan alat semprot yang masuk ke liang vagina.

Manfaat Bunga Pohon Delima

Bunga digunakan untuk pengobatan radang gusi , perdarahan , bronkhitis.

Luka
Campurkan serbuk kulit buah atau bunga delima secukupnya dengan minyak wijen. Aduk merata , lalu oleskan pada bagian yang luka.

Perdarahan
Rebus bunga delima (20 g) dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan dua kali sehari , masing-masing tiga perempat gelas.

Radang gusi
Cuci bunga delima (tujuh kuntum) dengan air bersih , lalu rebus dengan segelas air bersih hingga mendidih. Setelah cuek , saring dan gunakan untuk kumur-kumur.

Manfaat Biji Buah Delima

Biji digunakan untuk menurunkan demam , batuk , mengatasi keracunan dan mengobati cacingan. Caranya , Masukkan debu biji delima kering (satu sendok makan) dalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk merata , minum sewaktu perut kosong.

Buah delima merupakan salah satu buah yang eksotis. Eksotisme tersebut dilihat dari manfaatnya untuk kesehatan dan khasiatnya bagi dunia pengobatan tradisional.

Artikel terkait: