Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Apel

Akunews.com | Buah apel memiliki nama latin Pyrus malus dan termasuk dalam keluarga Rosaceae. Selain rasanya yang enak , manis dan menyegarkan , ternyata buah apel juga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat buah apel untuk pengobatan diantaranya , mengobati susah buang air besar , mengobati diare hingga mengatasi diabetes. Sementara itu , khasiat buah apel untuk kesehatan antara lain melancarkan sistem pencernaan , menangkal radikal bebas , mencegah kanker , menyehatkan gigi , hingga mencegah penyakit alzheimer.

Selain senyawa pektin , dalam satu buah apel ukuran 100 gram juga terkandung banyak zat gizi. Diantaranya Kalori (58 kalori) , Hidrat arang (14 ,9 gram) , Lemak (0 ,4 gram) , Protein (0 ,3 gram) , Kalsium (6 mg) , Fosfor (10 mg) , Zat Besi (0 ,3 mg) , Vitamin A (90 SI) , Vitamin B1 (0 ,04 mg) , Vitamin C (5 mg) dan Air (84 %).

Dengan kandungan nutrisi di atas , buah apel memiliki banyak khasiat bgi kesehatan. Diantaranya mirip berikut ini:

1. Sistem pencernaan
Buah Apel Merah
Mengkonsumsi dua buah apel setiap hari dapat membantu mencegah penyakit pada sistem pencernaan , mirip konstipasi dan diare. Hal ini alasannya ialah serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan.

2. Diabetes
Buah apel bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes. Caranya , ambil satu buah apel yamg sudah masak ukuran sedang. Kemudian belah menjadi empat bagian dan direbus dengan air 3-4 gelas hingga mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas. Saring airnya , kemudian diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

3. Kaya antioksidan
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin bisa meningkatkan kekebalan tubuh , terutama dikala Anda sedang depresi.

4. Mencegah Risiko Alzheimer
Sebuah penelitian pada tikus menyampaikan bahwa mengonsumsi jus apel bisa mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menyampaikan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.

5. Kesehatan gigi
Menggigit dan mengunyah apel bisa merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.

6. Mencegah Katarak
Penelitian jangka panjang menyampaikan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan mirip apel memiliki risiko terkena katarak 10 - 15 persen lebih sedikit.

7. Menurunkan Risiko Kanker
Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa berjulukan triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui bisa menghambat pertumbuhan sel kanker lever , usus besar , dan kanker payudara.

Selain enak , apel ternyata memiliki manfaat yang besar buat kesehatan. Maka sudah selayaknya Anda menyediakan buah yang satu ini untuk konsumsi sehari-hari bersama keluarga tercinta.

Artikel terkait: