Hindari Sikap ini Supaya tak Dianggap Seseorang yang Membosankan

Ada kalanya orang berada dalam situasi yang canggung, saat berbincang bersama teman dan kehabisan topik untuk diobrolkan. Terkadang dalam hati kita akan bertanya-tanya: Apakah saya orang yang membosankan atau kurang menarik?

Pada dasarnya setiap orang punya kemampuan untuk dianggap menarik, tetapi ada beberapa sifat dalam diri manusia yang akhirnya membuatnya dianggap orang yang membosankan. Berikut ini adalah beberapa perilaku sosial yang sebaiknya dihindari agar label membosankan jauh dari diri Anda.

Percakapan yang Tidak Seimbang
Supaya obrolan mengalir lancar seharusnya keseimbangan antara bicara dan mendengarkan harus tetap dijaga. Orang yang membosankan biasanya sering lupa untuk "memberi dan menerima". Mereka cenderung hanya bicara atau hanya mendengarkan saja.

Tidak Mengetahui Kalau Orang Lain Tidak Terlibat
Orang yang membosankan sering kali kurang memahami bahasa tubuh lawan bicaranya. Wajar dia dianggap membosankan ketika ia terus mengoceh dan tidak mempedulikan bahasa tubuh rekannya yang seolah mengungkapkan "saya tidak tertarik dengan yang sedang kamu bicarakan, tapi saya mencoba sopan."

Tidak Sanggup membuat Orang Lain Tertawa
Sikap humoris menunjukkan kelenturan kognitif, yaitu kemampuan untuk menilai ide atau kejadian dari sudut pandang yang berbeda, dan secara alami menonjolkannya. Orang yang humoris bisa membuat lawakan dari sebuah topik dan orang yang membosankan tak memiliki kemampuan tersebut.

Tidak Memiliki Bahan Pembicaraan
Orang yang membosankan dibagi dalam 2 tipe, yang pertama adalah yang menganggp dirinya dan kisahnya lah yang paling menarik. Sedangkan yang kedua adalah orang yang menganggap, bahwa orang yang paling baik adalah orang yang tidak mengatakan apa-apa. Terkadang orang seperti ini merasa tak ada yang mau mendengar ucapannya, dan mereka akan merespon pertanyaan dengan "saya tidak tahu" atau "mungkin saja".

Tidak Memiliki Opini Pribadi
Orang yang tidak berpikir kritis terhadap dunia atau sekitarnya tidak akan punya banyak bahan pembicaraan. Orang tersebut hanya menawarkan pandangan terbatas terhadap berbagai macam topik. Dan karena sikap cuek seperti ini, maka orang ini cenderung terbatas pengetahuannya, dan orang berpengetahuan yang terbatas juga berarti tidak bisa berpendapat banyak.

Selalu Negatif
Sebagian besar orang menganggap seseorang yang selalu berpikir negatif sebagai orang yang paling membosankan. Orang tersebut akan selalu menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan orang lain, menyalahkan saingannya, atau pemerintah.


Tidak Mampu Bercerita
Agar dapat menarik pendengar untuk ingin tahu lebih dalam, seseorang harus punya kemampuan dalam bercerita. Bahkan menurut sebuah studi, kaum pria yang mampu bercerita akan terlihat lebih menarik di mata wanita.

Nada Bicara Monoton
Bercerita atau bicara dalam nada yang monoton pastinya kurang menarik untuk didengar. Hal tersebut juga dapat membuat orang salah mengartikan maksud dari sebuah ucapan. Bisa saja orang mengira ucapannya terlalu sarkastik atau bahkan terdengar bodoh.

Artikel terkait:

Hindari Sikap ini Supaya tidak Dianggap orang yang Membosankan