Gubernur Irwan Serahkan Bantuan Alat Tangkap Bagi Nelayan di Dermaga Singkarak

Akunews.com |
Gubernur Irwan Serahkan Bantuan Alat Tangkap Bagi Nelayan di Dermaga Singkarak
- Gubernur Provinsi Sumatera Barat H Irwan Prayitno menyerahkan bantuan alat tangkap bagi nelayan di dermaga Singkarak , Kabupaten Solok , Selasa , 18 Juli 2017. 

Ia mengatakan , penyerahan bantuan ini untuk meningkatkan produktivitas nelayan di Danau Singkarak , serta untuk menjaga habitat ikan bilih dari alat tangkap diameter kecil , yang mengancam benih ikan bilih. 

"Untuk nelayan di Kabupaten Solok kita menawarkan bantuan jaring langli sebanyak 10 unit dan mesin tempel sebanyak enam unit. Lalu untuk nelayan Kabupaten Tanah Datar diberikan jaring langli enam unit , dan mesin tempel juga sebanyak enam unit ," ujarnya.

Danau Singkarak yang berada di Kecamatan X Koto Singkarak , Kabupaten Solok , Sumatera Barat , menjadi habitat bagi ikan bilih ( mystacoleucus padangensis ) yang satu-satunya ada di dunia , ujarnya.

"Hal ini kami lakukan , setelah mengetahui adanya nelayan yang menggunakan jaring berdiameter kecil , yang mengancam pelestarian ikan bilih. Kami berikan jaring berdiameter 2 ,5inci , sedangkan nelayan ada yang menggunakan jaring diameter 2mm ," ungkapnya.

"Kami akan siapkan regulasi untuk mengatur para nelayan dalam menggunakan mata jaring , jenis alat tangkap yang digunakan , dan cara penangkapan ikannya ," pungkasnya.

Dikatakannya , pemerintah tidak membatasi para nelayan untuk menangkap ikan bilih di Danau Singkarak ini , tapi semua pihak perlu untuk menjaga keberlangsungan hidup dan perkembangan ikan bilih.

"Saya menghimbau kepada para nelayan dan masyarakat di Danau Singkarak , supaya siap bersama-sama menjaga keberlangsungan hidup ikan bilih. Apalagi , ikan bilih merupakan ikan satu-satunya yang ada di dunia , dan itu hanya ada di Danau Singkarak ," tegasnya.

Penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Solok , H. Gusmal dan para nelayan setempat.

(by)

Artikel terkait: