Anda Suka Pakai Kopiah Ketika Sholat? Begini Ternyata Hukumnya

Akunews.com |
Kopiah yakni budaya umat islam yang digunakan untuk menutupi kepalanya , banyak sekali macam kopiah dibentuk untuk menyesuaikan dengan bentuk kepala dan desain busana yang digunakan.



Namun bergotong-royong apakah hukum menggunakan kopiah dalam Islam?
Dikutip dari konsultasiislam.com Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa Rasulullah Saw selalu memakai kopiah putih. Hadits ini diriwayatkan oleh Thabrani dari Ibnu Umar , dan Imam Suyuthi dalam Jami’us Shagir hal 21 mengatakan hadits ini “hasan”.

Abdullah bin Sa’id-rahimahullah- berkata , “Aku lihat pada Ali bin Al-Husain ada sebuah songkok putih buatan Mesir”. [HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushonnaf (24855)

Pendapat ini yakni yang dipegang oleh jumhur mazhab syafi’iyah dan mazhab-mazhab yang lain. Bahkan dalam Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyah , 22/5 dinyatakan : “Tidak ada perbedaan pendapat diantara para hebat fiqih ihwal kesunahan menutup kepala dikala shalat bagi laki-laki baik dengan surban atau yang semakna dengan itu alasannya yakni begitulah shalatnya Nabi Shallallahu “Alaihi wa Sallam.

Sedangkan Imam Ibnu Taimiyah berkata : Ada pun membuka kepala yakni makruh , apalagi melakukannya dikala ibadah , hal tersebut yakni munkar dan tidak boleh beribadah menyerupai itu ,” (Fatawa Al Kubra , 1/6).

Artikel terkait: