9 Kriteria yang Wajib Dimiliki oleh Pegawai Servis/Bengkel

Akunews.com | Sebuah perjuangan jasa akan melibatkan banyak pembicaraan antara pegawai serta pelanggan. Pelanggan membutuhkan seseorang untuk mampu diajak bicara serta berkonsultasi terhadap duduk perkara yang dia miliki. Begitu pula dengan perjuangan servis bengkel. Tentu duduk perkara dari tiap pelanggan berbeda tergantung pada jenis kendaraan beroda empat serta kejadian yang dihadapi. Oleh alasannya ialah itu , pegawai yang dicari harus memiliki kriteria tertentu biar memuaskan pelanggan dan melancarkan perjuangan Anda.


Paham soal mesin
Pegawai Anda akan bergelut dengan mesin sepanjang hari. Sehingga , otomatis mereka wajib memahami soal mesin. Saat membetulkan kendaraan mereka , pelanggan tentu akan bertanya kerusakan apa yang dialami oleh kendaraan tersebut. Jangan hingga pegawai resah lalu bertanya ke kanan kiri atau menjawab tidak tahu pada pelanggan. Juga , jangan hingga pelanggan yang mengetahui lebih banyak soal kondisi mesinnya dibandingkan dengan pegawai. Hal ini akan menunjukkan bahwa pegawai anda tidak profesional.

Terkadang mampu saja terjadi kerusakan yang tidak umum ditemui pada kendaraan beroda empat pelanggan. Kerusakan tersebut mampu diakibatkan oleh kerusakan lain yang sudah lama sehingga menyebar ke bagian lainnya. Oleh alasannya ialah itu , keahlian dalam memahami mesin mulai yang terlihat hingga terselip pun dibutuhkan. Tentu saja tidak ada pegawai yang eksklusif hebat ketika pertama kali bekerja , namun pegawai tersebut mampu berlatih dan seiring berjalannya waktu akan menjadi ahli.


Tidak takut kotor

Pasti akan banyak kotoran mirip oli , abu , dan lain sebagainya yang akan dijumpai di daerah servis bengkel. Pegawai servis tentu tidak boleh merasa jijik dan harus berteman dengan kotornya daerah servis. Terkadang , pegawai pun perlu masuk di bagian bawah kendaraan beroda empat untuk membetulkan mesin bagi daerah servis yang tidak memiliki hidrolik atau katrol untuk mengangkat mobil. Makara , pegawai servis harus mengeluarkan totalitasnya dalam melaksanakan tugas.


Ramah

Ada beberapa pegawai servis kendaraan beroda empat yang berhadapan eksklusif dengan pelanggan , terutama mereka yang daerah servisnya masih kecil. Oleh alasannya ialah itu , penting sekali untuk bersikap ramah dengan sekedar tersenyum pada pelanggan. Hargailah pelanggan yang menunggu atau yang membetulkan mobilnya di daerah Anda. Rasa ramah ini diharapkan juga biar Anda juga merasa nyaman untuk mempekerjakan pegawai tersebut.


Pintar menjelaskan suatu keadaan

Seorang pegawai servis juga harus mirip guru les yang mampu menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti pelanggan. Tidak semua pelanggan mengerti permasalahan apa yang dialami oleh mobilnya. Pastikan pelanggan juga tahu biaya-biaya yang harus mereka bayar sebelum servis kendaraan beroda empat dimulai. Tentu anda tidak mau untuk menerima komplain terhadap servis-servis yang sebetulnya perlu dilakukan , namun pelanggan tidak tahu sehingga menurut mereka daerah servis tersebut menipu atau melebih-lebihkan kondisi mobil.

Pertama , lakukan cek ke seluruh bagian mobil. Kedua , contohnya saja pegawai mampu jelaskan bahwa rusak ada di bagian mesin kendaraan beroda empat utama , yang menjadikan area lain menjadi rusak. Jika perlu , bawa pelanggan dan tunjukkan area kerusakan yang dimaksud biar pelanggan menerima visualisasinya. Terakhir , berikan estimasi untuk pelanggan ihwal biaya yang perlu dikeluarkan. Selanjutnya terserah pelanggan mau membetulkannya atau tidak.


Cepat tanggap

Terkadang , setelah servis selesai dan dicoba oleh pegawai , terdapat duduk perkara lain yang muncul. Di ketika mirip ini , pegawai harus tanggap dan tahu apa yang harus dilakukan sebelum pelanggan datang. Pada awal bekerja , tentu para pegawai belum setanggap mereka yang sudah lama menggeluti servis mobil. Selain itu , jikalau pegawai lain membutuhkan bantuan , hendaknya mereka juga membantu satu sama lain biar hasil yang dicapai maksimal.

Tidak hanya itu saja. Dalam beberapa waktu , terdapat pelanggan yang mendadak mampir alasannya ialah keadaan yang genting contohnya mesin mengeluarkan asap. Para pegawai tentu tidak boleh ikut panik menghadapi permasalahan tersebut. Jika pegawai ikut panik , otomatis pelanggan pun akan bingung. Carilah pegawai yang siap serta tanggap dalam aneka macam macam masalah.


Rapi serta teratur

Bengkel servis anda memang boleh terlihat kacau dan kotor. Namun , tidak dengan daerah sparepart , peralatan servis , dan barang lainnya. Setelah menggunakan peralatan servis , menjadi keharusan bagi para pegawai untuk mengembalikan ke daerah asal serta menatanya dengan rapi. Hal ini diharapkan biar alat-alat servis tidak berceceran serta hilang , apalagi alat-alat atau sparepart yang kecil mirip mur. Jika hilang satu atau dua masih wajar , jikalau hilang secara terus-terusan , keuangan Anda sama saja dengan bocor alasannya ialah harus membeli peralatan tersebut.

Selain itu , ini dilakukan untuk mempermudah pegawai lainnya dalam mencari alat-alat servis yang diperlukan. Jangan hingga ketika ada keadaan darurat serta alat diharapkan , ketika dicari pada tempatnya tidak ditemukan. Para pegawai mampu saling menyalahkan satu sama lain. Tentu Anda tidak mau terjadi keributan di daerah servis Anda yang menjadikan pelanggan tidak nyaman kan?


Detail

Tidak semua kerusakan kendaraan beroda empat terjadi di mesin utama atau pada hal yang terlihat mata. Bisa saja kerusakan ada di mesin bagian yang paling dalam atau daerah yang paling pojok dan susah diraih. Terkadang , untuk membetulkan mesin tersebut terdapat komponen-komponen kecil yang perlu diperhatikan dan tidak boleh salah. Oleh alasannya ialah itu , pegawai servis harus mempunyai sifat yang detail biar tidak melewati satupun dari komponen yang ada.


Cekatan dan lincah

Servis kendaraan beroda empat memang memerlukan waktu yang cukup lama , tergantung pula kerusakan apa yang dialami oleh kendaraan beroda empat tersebut serta apa saja komponen yang diperlukan. Semakin parah kerusakan , semakin banyak komponen , tentu waktu akan semakin lama , bahkan mampu berhari-hari. Disinilah dibutuhkan pegawai yang cekatan , lincah serta cepat dalam bekerja. Semakin cepat pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai Anda , tentu semakin banyak pelanggan yang mampu dilayani.

Namun , tentu saja cekatan bukan berarti asal-asalan. Cekatan dalam artian hasil kerja yang diberikan juga sebagus atau bahkan lebih cantik daripada pegawai yang kecepatannya biasa saja. Jika pegawai Anda kurang cekatan , maka tidak banyak pelanggan yang mampu diterima setiap harinya. Hal ini tentu akan memberi efek cukup besar pada keuangan alasannya ialah Anda memerlukan pelanggan yang cukup untuk membayar seluruh biaya operasional maupun non-operasional dari daerah servis Anda.









Punya kendaraan

Bagi daerah servis yang memiliki jasa delivery atau servis eksklusif di daerah , tentu memerlukan pegawai yang memiliki kendaraan pribadi. Makara , para pegawai tersebut mampu eksklusif mendatangi pelanggan di daerah mereka. Entah itu di tengah jalan dan kendaraan mogok mendadak , di rumah , di kantor , bahkan di luar kota jikalau itu pelanggan langganan. Namun , jangan lupa untuk membayar bensin serta menunjukkan tunjangan kendaraan bagi pegawai tersebut. Kendaraannya membantu Anda menaikkan omset perjuangan , jadi jangan terlalu pelit. Cara lain , Anda juga mampu menyediakan kendaraan untuk dipakai oleh para pegawai.

Itulah tadi kriteria yang harus dimiliki oleh seorang pegawai servis dang bengkel. Semoga mampu menjadi tumpuan bagi Anda para pembaca. Selamat berbisnis!

Artikel terkait: