Setelah Menikah Perubahan apa saja yang akan Terjadi Pada Tubuh?

Ternyata pernikahan tidak hanya merubah status seseorang, tetapi juga merubah kesehatan tubuh. Sebut saja membuat stress berkurang, tidak lagi kesepian, dan banyak lagi contoh lainnya.

Lalu apa saja sebetulnya perubahan signifikan yang terjadi setelah menikah, berikut ini dijelaskan beberapa diantarnya.

1. Tingkat Stres Berkurang
Mempersiapkan pernikahan bisa memberi sensasi stres tersendiri. Dan sesudah resepsi pernikahan yang berjalan dengan baik, akhirnya pikiran bisa tenang. 

Seorang ahli terapis klinis bernama Kimberly Hershenson, mengatakan semejak seseorang mulai tidak lagi mencari pasangan hidup, akan banyak prioritas berubah setelah pernikahan, termasuk proses berpikir, kecemasan dan ketakutan.

Cinta yang semakin dalam, hubungan yang semakin kuat, ada tempat untuk berbagi pikiran tanpa takut dihakimi dapat menjadi sumber ketenangan bagi satu sama lain.

2. Menjadi Orang Yang Lebih sehat
Tanpa disadari, saat ingin menikah motivasi untuk hidup lebih sehat akan meningkat sejalan dengan adanya tanggung jawab besar terhadap pasangan.

Suami dan istri akan saling memotivasi pasangannya untuk tetap menjaga pola makan yang sehat, rutin berolahraga atau memeriksa kesehatannya. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa pernikahan dapat meningkatkan usia harapan hidup seseorang.


3. Dapat Menaikkan Berat Badan
Pernikahan memang bisa membuat hidup jadi lebih sehat, tapi banyak juga pasangan yang akhirnya melewatkan waktu rutin berolahraga dan tidak merasa ada yang salah ketika terlalu sering ngemil. Apalagi jika keduanya memiliki hobi yang sama ketika menghabiskan waktu berduaan, maka prioritas untuk menjaga kesehatan bisa jadi terlupakan.

Sebagian besar pasutri hobi ngemil saat bersantai
Pernikahan juga bisa menaikan berat badan ketika salah satu atau keduanya merasa nyaman dan terlindungi, dan akan berpikir bahwa tidak perlu lagi membuat terkesan pasangannya dengan bentuk fisik dirinya.


4. Bentuk Tubuh Yang Otomatis Berubah
Terkhusus pada pria, berat badan naik setelah menikah dan membuat tubuh berubah bentuk dengan signifikan. Dikatakan oleh seorang profesor biologi bernama Dawn Maslar, bahwa telah ada sebuah studi dari Universitas Harvard yang menemukan kalau pria yang berkomitmen dengan perempuan, level testosteronnya akan drop. Dan hal tersebut menyebabkan perubahan tubuh sang pria, seperti massa otot dan lemak tubuh.

Ronaldo Nazario menjadi gemuk sesudah menikah
Ketika hormon testosterone menurun, tubuh pria cenderung kekurangan otot dan hanya membakar sedikit kalori. Hal inilah yang menyebabkan banyak lemak akan tetap tersimpan pada tubuh, dan biasanya tersimpan pada bagian perut.

Artikel terkait:

perubahan signifikan pada tubuh dan hal-hal yang biasa terjadi sesudah menikah