Selain HTI Polri Masih Temukan Ormas Anti-Pancasila Ini Kata Menkum HAM

Akunews.com | Selain ormas HTI , Polri mengatakan masih ada ormas yang dinilai anti-Pancasila dan telah berada dalam pengawasan. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly akan mengkaji temuan ormas anti-Pancasila itu. 

Selain HTI , Polri Masih Temukan Ormas Anti-Pancasila , Ini Kata Menkum HAM "Polri kan mengatakan masih ada , nanti kita lihat dan kaji lagi. Kan ada kajian ," ujar Yasonna Laoly usai mendapatkan Forum Advokat Pengawal Pancasila (FAPP) di Gedung Pengayoman Kemenkum HAM , Jalan Rasuna Said , Kuningan , Jakarta Selatan , Jumat , 21 Juli 2017.

Yasonna mengatakan belum mampu mengambil sikap terkait ormas tersebut. Dia masih menunggu data dan akan melaksanakan kajian terkait ormas-ormas yang dimaksud.

"Ya kita lihat nanti , kita belum dapat datanya ," ujarnya.

Terkait ormas anti-Pancasila , Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah menegaskan tidak akan menawarkan izin untuk setiap acara ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menanggapi hal itu , Yasonna mengatakan pemerintah sudah mencabut status badan hukum ormas tersebut.

"Kan sudah dibubarkan ," pungkas Yasonna.

Sebelumnya , Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan pihaknya telah melaksanakan pengawasan dan menemukan masih ada ormas anti-Pancasila. Martinus mengatakan ormas-ormas tersebut telah dilaporkan.

"Ada sekitar 2 atau 3 lagi ormas (yang dinilai anti-Pancasila dan sudah dilaporkan) ," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul kepada detikcom di Mabes Polri , Jl Trunojoyo , Kebayoran Baru , Jakarta Selatan , Kamis , 20 Juli 2017.

Namun Martinus tidak menyebutkan ormas yang dimaksud. Dia hanya memastikan pihak terkait selalu berkoordinasi.

"(Nama ormas-nya) itu rahasia. Nanti keputusannya di pemerintah ," ujar Martinus.

(by/dtc)

Artikel terkait: