Metode Terbaik untuk Membentuk Perut Six Pack

Meskipun sudah ratusan kali sit up dan crunches, tapi ketika bercermin dan melihat bagian perut, tetap saja masih belum menunjukkan tanda akan memperlihatkan otot kotak-kotak alias six pack.

Sebagian besar orang menyangka dengan melatih otot perut, mereka pasti mendapatkan bentuk six pack. Sebenarnya otot-otot itu sudah ada di sana, tapi yang perlu dilakukan adalah menghilangkan lemak pada perut yang menutupi otot-otot tersebut.

Dengan rutin melatih otot perut yang ada justru akan membuat perut terlihat semakin besar, selayaknya kita melatih otot biceps. Nah cara yang tepat untuk mendapatkan six pack adalah mengecilkan lingkar perut dan disini kita perlu melakukan strategi berbeda.
Berikut ini ada empat cara yang perlu dilakukan jika ingin mendapatkan perut six pack.

Membakar lemak tubuh sebanyak-banyaknya
Seorang pelatih dan pemilik tempat latihan kebugaran bernama Alwyn Cosgrove mengatakan, jika tujuannya adalah memunculkan otot perut maka yang wajib dilakukan adalah menghilangkan lemak di sekitar perut.
Latihan tinju merupakan salah satu cara pembakaran lemak terbaik
Menurutnya pembakaran lemak itu akan lebih baik dilakukan lewat latihan interval intensif yang membuat nafas terengah-engah dibandingkan berlatih kardio seperti bersepeda atau jogging.

Ketika melakukan latihan kekuatan dan interval misalnya dengan menggabungan antara burpees, push up, jumping jack, maka tubuh kita pastinya membakar lebih banyak lemak pada saat melatih otot-otot. Dan lemak di bagian perut juga akan terkikis, kemudian bentuk otot pada perut akan mulai terlihat.

Melatih otot secara ekstra
Latihan seperti squat yang menggunakan lebih banyak otot tentu akan membakar jauh lebih banyak kalori daripada latihan biasa seperti crunches yang menggunakan lebih sedikit otot.
Push up dapat menguatkan dan mengencangkan otot lengan dan perut
Selain itu latihan dengan beban lepas juga memaksa tubuh untuk menyeimbangkan diri dan memicu lebih banyak otot utama terlibat.

Tanpa disadari, latihan seperti itu nantinya melibatkan otot sekitar perut sehingga hasilnya akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan hanya melatih otot-otot tertentu saja.

Berusaha lebih keras
Ukuran serat pada otot berbeda-beda dan tubuh akan mengaktifkan otot yang diperlukan untuk sebuah gerakan. Oleh sebab itu akan sangat baik jika memilih latihan yang mengaktifkan serat otot besar supaya kalori yang dibakar jadi lebih banyak.
Tubuh ditantang hingga mencapai batas kemampuannya
Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan beban yang lebih berat atau dengan mempercepat gerakan supaya usaha yang diperlukan lebih besar. Substansinya adalah menantang tubuh hingga mencapai batas kemampuannya, hingga membuat otot menjadi berkembang.

Berani keluar dari zona nyaman
Kebanyakan orang merasa nyaman berlatih bench press di tempat fitness sehingga malas melatih bagian otot lain. Padahal kalau mau berlatih gerakan lain atau dengan alat berbeda, tubuh pastinya akan membakar lebih banyak kalori karena tubuh tidak terbiasa dengan gerakan baru tersebut.
Keluar dari zona nyaman dan membiasakan melatih otot meski diwaktu senggang
Jenis latihan yang baru juga lebih memacu adrenalin, mampu meningkatkan detak jantung, juga membuang lemak yang ada di tubuh. Semakin banyak otot yang terkena dampak juga membuat tubuh membakar lebih banyak kalori dari biasanya.


Faktor lain yang tidak kalah penting yaitu mengatur asupan dan pola makan, sehingga kalori yang dibakar lebih banyak dari kalori makanan yang kita santap.

Melalui keempat metode tadi, dipastikan bentuh tubuh akan semakin proporsional atau sesuai dengan yang diinginkan. Mengingat banyaknya otot utama yang dilatih, artinya akan lebih banyak lemak jua yang terbakar. Selain badan semakin sehat dan kuat, sebagai bonusnya kita bisa berbangga memamerkan otot di perut yang berbentuk six pack.

Artikel terkait:

Metode Terbaik untuk Membentuk Perut Six Pack dengan efektif dan efisien