Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit Wajah Rambut Kesehatan

Akunews.com | Minyak zaitun yang diolah dari ekstrak buah zaitun sudah dikenal lama memiliki khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan beberapa literasi menyebutkan bahwa minyak zaitun yaitu rahasia kecantikan dari Ratu Cleopatra. Rau Mesir kuno yang terkenal ke segala penjuru dunia berkat kecantikannya.

Apa saja keistimewaan dari minyak ini sebenarnya? Minyak zaitun mengandung senyawa mirip fenol , tokoferol , sterol , pigmen , dan squalene , yang memegang tugas penting bagi kesehatan.

Minyak buah zaitun juga mengandung triasilgliserol yang sebagian besar berupa asam lemak tak jenuh tunggal jenis asam oleat (omega-9). Kandungan asam oleat , 55-83 persen dari total asam lemak. Karena asam oleat merupakan asam lemak tak jenuh tunggal , risiko teroksidasi lebih rendah daripada asam linoleat (omega-6) dan linolenat (omega-3).

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Minyak Zaitun
Mempercantik dan melangsingkan tubuh
Hasil riset yang dimuat di The British Journal of Nutrition menyebutkan , penggunaan minyak zaitun untuk menggantikan minyak jenuh selama empat ahad , tanpa mengubah teladan makan , bisa mengurangi berat badan sampai 2-3 kg. Penelitian lain menyebutkan , minyak zaitun dapat memecah sel adiposit penyebab obesitas. Extra virgin olive oil direkomendasikan untuk menggantikan diet minyak lemak jenuh yang sering dikonsumsi.

Menjaga kesehatan kulit
Selain sebagai antikanker , minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin E yang sangat berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan mengonsumsi minyak zaitun , secara tidak pribadi kulit akan terasa lebih kencang , halus , dan sehat.

Merawat Kulit
Di samping itu , minyak zaitun juga berguna untuk melembapkan kulit kering ketika digunakan sebagai masker. Manfaat lain yaitu dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari kalau dioleskan.

Konon , para ratu dan putri di zaman Yunani kuno menggunakan minyak zaitun dalam ritual kecantikan mereka. Sebabnya , minyak ini terbukti memiliki kegunaan mengakibatkan kulit halus dan terlihat lebih muda. Bahkan , kandungan minyak jenuh tunggal di dalamnya sangat bermanfaat dalam menghilangkan noda hitam pada kulit.

Mengatasi Wajah Berminyak
Ambil sedikit debu cendana dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Campur dan oleskan pada masker wajah dan biarkan selama 7-10 menit. Bilas dengan air dingin. Ini yaitu resep minyak zaitun yang ideal untuk kulit berminyak.

Menghilangkan flek di wajah
Oleskan minyak zaitun pada wajah dan leher. Biarkan selama 4-5 menit dan kemudian uapkan. Hal ini akan membuka pori-pori kulit dan membersihkan kulit secara alami. Hal ini juga efektif untuk menyingkirkan flek matahari yang terdapat pada kulit wajah.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Minyak zaitun yang kaya vitamin E ini bermanfaat untuk memelihara dan membuat rambut berkilau. Anda pun dapat melaksanakan perawatan dengan menggunakan minyak zaitun di rumah.

Perawatan Rambut
Campurkan minyak zaitun dan madu dalam jumlah yang sama ke dalam mangkuk. Oleskan ke rambut Anda dari akar sampai ke ujung rambut. Gulung dan tutup rambut dengan kain , handuk , atau shower cap. Diamkan selama 10 menit , bilas dengan air.

Mengembangkan rambut
Kocok dua butir telur dan secangkir penuh minyak zaintun selama dua menit atau lebih sampai lembut. Oleskan dari akar sampai ujung rambut. Diamkan sekitar 10 menit dan cuci. Rambut Anda akan bervolume , mengembang , dan berkilau.

Merawat rambut rusak
Tambahkan kelopak bunga mawar atau ektrak melati dalam minyak zaitun. Simpan dalam botol tertutup selama sedikitnya 24 jam. Usapkan rambut Anda dengan air panas untuk membuka pori-pori kulit kepala. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala , pijat selama beberap menit.

Memanjangkan rambut
Jika Anda ingin mempunyai rambut panjang yang mengagumkan , haluskan biji lemon dan lada , kemudian campurkan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 20 menit dan cuci dengan sampo.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Memangkas risiko penyakit jantung
Minyak zaitun terbukti memperlancar pedoman darah , menurunkan tekanan darah , dan mengatur kolesterol dengan cara menekan jenis kolesterol jahat dan mempertahankan yang baik - menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke telah terbukti secara ilmiah. Sebuah studi menyebutkan , pasien berusia 64-71 tahun menyampaikan penurunan total kolesterol setelah diberi dua sendok makan minyak zaitun setiap hari.

Mencegah kanker
Para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark menemukan bahwa minyak zaitun mereduksi kerusakan sel yang memicu pertumbuhan kanker.

Mengusir nyeri sendi
Minyak zaitun mendorong produksi zat prostaglandin , suatu zat pencegah pembengkakan dan nyeri.

Menangkal osteoporosis
Berdasarkan publikasi dalam The British Journal of Nutrition , minyak zaitun membantu mencegah osteoporosis , meskipun tidak memulihkan berat tulang yang hilang seluruhnya.

Menurunkan kadar gula darah
Karena dapat memangkas kolesterol jahat , otomatis akan membantu menurunkan risiko berkembangnya penyakit gula dan menurunkan tingkat gula dalam darah.

Menangkal radikal bebas
Minyak zaitun mengandung aktioksidan-polifenol. Zat ini dapat membantu tubuh dalam detoksifitkasi molekul yang tidak seimbang sehingga ampuh dalam menangkal radikal bebas.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat minyak zaitun yang bisa diungkap. Namun apa yang sudah dijelaskan diatas lebih dari cukup untuk mulai menggunakan minyak ini.

Artikel terkait: