Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan

Akunews.com | Buah nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) merupakan tanaman buah yang berasal dari Brasil. Di Indonesia , nanas biasanya ditanam di perkebunan dan untuk diambil buahnya. Subang merupakan tempat penghasil nanas terbesar di Indonesia. Buah nanas selain di makan secara eksklusif , mampu juga diawetkan dengan cara direbus dan diberi gula , dibuat selai , atau dibuat sirop.

Selain bermanfaat sebagai makanan , buah nanas juga berguna sebagai obat tradisional. Selain itu , kandungan vitamin mirip vitamin C dan mineralnya sangat baik untuk kesehatan. Khasiat buah nanas antara lain mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan , membantu mencernakan makanan di lambung , antiradang , peluruh kencing (diuretik) , membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement) , mengganggu pertumbuhan sel kanker , menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet) , dan mempunyai aktifitas fibrinolitik. Buah muda rasanya asam , berguna memacu enzim pencernaan , antelmintik , diuretik , peluruh haid (emenagog) , abortivum , peluruh dahak (mukolitik) , dan pencahar.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Buah Nanas1. Mengobati Cacingan
Kupas 1 buah nanas muda , lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya , bilas dengan air masak , lalu parut. Peras dan saring hasil parutannya , lalu minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.

2. Lambung terasa penuh
Ketika pencernaan terganggu , lambung akan terasa penuh walaupun hanya diisi sedikit makanan. Cara mengatasinya dengan minum jus nanas 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas (kurang lebih 150 cc). Lakukan pengobatan ini 1/2 jam sebelum makan.

3. Keseleo , memar akhir terpukul
Jika Anak atau anggota keluarga lain mengalami kesleo , memar atau luka lebam , obati dengan buah nanas. Caranya , kupas 1 buah nanas yang sudah masak , potong-potong , lalu dijus. Minum air yang terkumpul sekaligus.

4. Luka bakar , gatal dan bisul
Selain enak dimakan , buah nanas juga mampu digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit mirip kulit terbakar , gatal pada kulit dan bisul. Caranya , cuci daun nanas hingga bersih , lalu tumbuk hingga halus. Balurkan pada bagian yang sakit.

5. Mengobati Radang tenggorokan
Sakit tenggorokan mengganggu aktifitas anda? Kupas 2 buah nanas yang telah masak , lalu cuci hingga bersih. Potong-potong , lalu dijus atau diparut. Selanjutnya , peras menggunakan sepotong kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul , sehari 3 kali , setiap kali cukup 1/3 bagian.

6. Obat Beri-beri
Manfaat buah nanas yang lainnya ialah mengobati penyakit beri-beri. Caranya , kupas 2 buah nanas yang sudah masak , lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya , jus atau parut , lalu peras. Minum air perasannya sekaligus. Sebaiknya diminum pagi atau siang hari sesudah makan.

7. Peradangan di kulit (dermatitis)
Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya , lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas , baik di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan sekali sehari , malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.

8. Mengatasi Sembelit
Kupas 3 buah nanas yang belum masak , lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya , jus atau parut , lalu peras. Minum air perasannya setelah makan , sehari 2 kali , masing-masing cukup 1/2 gelas. Lakukan secara rutin hingga sembelit hilang.

9. Menghilangkan Ketombe
Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya , lalu parut , peras , dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk hingga rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

10. Menurunkan berat badan
Kupas 1 buah nanas yang tidak terlalu matang , lalu cuci hingga bersih. Potong-potong , lalu dijus atau diparut. Selanjutnya , peras menggunakan sepotong kain bersih dan air perasannya eksklusif diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

Catatan Penting:
  • Ibu hamil dilarang minum perasan buah nanas muda.
  • Buah nanas di dalam kanal cerna difermentasi menjadi alkohol yang dapat mengakibatkan kambuhnya rematik Gout.
  • Penderita kencing manis (diabetes mellitus) dianjurkan untuk membatasi dalam mengonsumsi buah nanas alasannya kandungan gula buah yang masak cukup tinggi.

Selain mampu dikonsumsi secara eksklusif , ternyata buah nanas juga memiliki banyak khasiat sebagai obat tradisional. Kaprikornus tidak adalahnya kalau Anda menanam pohon ini di kebun atau belakang rumah. Baca juga buah-buahan bermanfaat lainnya mirip buah delima dan buah srikaya yang berguna untuk pengobatan.

Artikel terkait: