Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Akunews.com | Buah pisang merupkan buah yang diklaim menjadi kesukaan monyet. Hahaha , entah pisang selalu identik dengan monyet. Padahal tidak ada seekor simpanse pun yang pernah menanam pohon pisang. Apalagi bercita-cita memiliki kebun pisang. Ah , sudahlah kita tidak ikut pusing memikirkan hal sepele itu.

Disini kita akan membahas mengenai manfaat buah pisang untuk ibu hamil dan kesehatan secara keseluruhan. Mulai dari kandungan daun pisang dan apa saja manfatnya bagi tubuh kita.

Buah pisang yang dalam bahasa Inggris disebut banana merupakan buah dari pohon pisang. Pisang ini banyak sekali jenisnya dan termasuk keluarga Musaceae. Namun , buah pisang apapun jenisnya memiliki kandungan nutrisi yang baik kalau dikonsumsi manusia.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Buah PisangSelain mudah dicerna dan bebas lemak , buah pisang merupakan buah yang kaya nutrisi. Berikut ini beberapa kandungan dari buah pisang yang diharapkan oleh tubuh kita:

Kalori
Dengan mengasup sebuah pisang , Anda mampu memuaskan keinginan makan sesuatu yang manis tanpa merusak diet. Satu buah pisang rata-rata mengandung 110 kalori.

Potasium
Buah ini sangat terkenal akan kandungan potasiumnya. Dengan kadar potasium mencapai 400 mg dalam pisang berukuran sedang , buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium juga diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf , serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium dalam pisang juga cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot setelah olahraga.

Vitamin C
Sebagaimana buah lainnya , pisang juga kaya akan vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10mg vitamin C atau sekitar 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian.

Vitamin B6
Vitamin B biasanya ditemukan pada produk hewani , tetapi pisang ternyata juga merupakan sumber vitamin B6 yang disebut pyridoxine. Satu buah pisang menyediakan 35 persen dari rekomendasi vitamin B6 harian. Tubuh menggunakan vitamin ini untuk menumbuhkan sel-sel baru.

Mangan
Mangan yaitu mineral yang diharapkan untuk tulang yang sehat dan metabolisme. Satu buah pisang mengandung 3 mg mangan.

Serat
Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Selain menyehatkan terusan cerna , serat juga kita butuhkan untuk menjaga perut terasa kenyang lebih lama.

Karbohidrat
Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Makanlah pisang setelah berolahraga untuk mengembalikan energi. Sebuah pisang setelah sarapan juga direkomendasikan untuk menjaga pasokan energi tetap bertahan hingga waktu makan siang tanpa camilan.

Nutrisi lain
Ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam pisang , meski jumlahnya kecil , yakni magnesium , kalsium , fosfor , vitamin A dan E , folat , karoten , serta asam amino.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan


Berikut ini yaitu beberapa manfaat pisang untuk kesehatan Anda.

1. Sumber energi
Pisang mengandung tiga jenis gula alami: fruktosa , glukosa , dan sukrosa , yang dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Makanya , banyak atlet suka makan pisang ketika istirahat pertandingan untuk menambah energi secara instan.

2. Kesehatan jantung
Pisang kaya akan serat makanan yang mampu mencegah penyakit jantung koroner. Buah tropis ini juga memiliki kandungan kalium yang tinggi , namun rendah natrium. So , pisang merupakan makanan yang tepat untuk mencegah tekanan darah tinggi.

3. Baik untuk darah
Selain kalium , pisang juga kaya akan vitamin B6 yang penting dalam pembuatan antibodi dan hemoglobin dalam darah. Vitamin B6 sangat penting dalam menjaga kadar gula darah tetao stabil.

4. Sistem saraf yang sehat
Kandungan potasium pada pisang dapat mencegah serangan stroke. Terbukti , sebuah penelitian menawarkan bahwa makan pisang secara teratur dapat mengurangi 40% risiko janjkematian sebab stroke.

5. Kesehatan ginjal
Dengan bantuan kalium , pisang juga mampu mengurangi risiko batu ginjal yang berafiliasi dengan ekskresi kalsium dalam urin.

6. Menenangkan
Vitamin B6 atau triptofan berperan penting dalam pembuatan hormon serotonin , yang bertugas mengatur suasana hati dan menenangkan otak. Perlu senjata untuk melawan depresi atau insomnia? Makan pisang dong!

7. Mengatasi Anemia
Pisang mengandung zat besi , yang penting dalam memerangi anemia. Senyawa ini juga penting dalam pembuatan hemoglobin dalam tubuh , lho. Wah , pantas saja si simpanse tidak pernah anemia.

8. Baik untuk otak
Pisang dapat meningkatkan kekuatan otak Anda. Sekitar 20% dari ajaran darah tubuh dipompa ke jantung. Selain itu , otak juga memerlukan banyak energi dan oksigen untuk bekerja.

9. Luka lambung
Pisan juga memiliki efek anti-asam yang menenangkan perut dan meredakan rasa perih di perut. Tidak hanya hingga disitu , pisang juga mampu melawan ulkus (luka berbentuk bundar atau oval yang terjadi pada lambung) dengan mengurangi keasaman dan iritasi pada lambung.

10. Mengatasi sembelit
Buah pisang terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Nah , makan pisang menjadi solusi alami untuk mengatasi sembelit.

Manfaat Pisang untuk Wanita dan Ibu Hamil


Bagi ibu hamil yang mengalami morning sick (mual-mual pagi hari) dapat mengonsumsi buah pisang yang akan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari mual. Sekaligus membantu mengendalikan konsisi emosionalnya. Selain itu buah pisang juga mengandung asam folat tinggi yang baik untuk perkembangan otak anak yang dikandung. Bahkan di banyak sekali Negara di dunia buah pisang dipercaya sebagai pengontrol suhu , mirip di Thailand ibu-ibu hamil mengonsumsi pisang biar bayi lahir tidak dengan suhu tinggi.

Sedangkan untuk para wanita yang sedang mengalami PMS , lupakan obat-obatan penahan sakit , konsumsi dengan teratur buah pisang. Kandungan vitamin B6 yang mengatur kadar glukosa darah akan membantu memengaruhi suasana hati Anda.

Nah , itulah penjelasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah pisang. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Artikel terkait: