Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kandungan Kimianya

Akunews.com | Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dijadikan bumbu masakan. Sama mirip kunyit , bawang putih ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Hal ini tidak lepas dari banyak sekali senyawa yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Bawang Putih
Menurut laman Times of India , pada bawang putih mengandung lebih dari 100 bahan kimia biologis yang bermanfaat. Bawang putih juga memiliki banyak sekali anti-bakteri , anti-virus , sifat anti-jamur dan anti-oksidan.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan:

Menurunkan Kolesterol

Berbagai penelitian menyampaikan mengonsumsi 600 mg bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol.

Mengobati Penyakit Kulit

Bawang putih juga bisa melawan bisul dan bakteri sehingga membuatnya menjadi obat yang efektif untuk kutil dan problem kulit lainnya.

Melancrkan Sirkulsi Darah

Bawang putih merupakan afrodisiak yang besar. Karena itu bawang putih bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga membantu memperpanjang ereksi. Kaprikornus sangat baik untuk problem seksual , pasokan energi dan juga menaikkan energi seksual.

Mengatur Gula Darah

Mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan pelepasan insulin pada penderita diabetes. Bawang putih bisa menjadi salah satu makanan yang diprioritaskan untuk penderita diabetes.

Antibakteri

Louis Paster mengakibatkan bawang putih sebagai antibakteri dan antijamur , sedangkan Albert Schweitzer dari Afrika memanfaatkannya sebagai obat disentri. Sifat antibakteri dan anestesi pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan sakit gigi.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain itu , bawang putih juga sangat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan mengendalikan gerakan anutan darah pada organ tubuh. Bawang putih dapat menghentikan pembekuan darah di pembuluh darah tubuh.

Menurunkan Risiko Kanker Paru

Penelitian terbaru di China menyampaikan bahwa bawang putih mentah punya efek menangkal banyak sekali gangguan kesehatan , termasuk penyakit-penyakit kronis dan kanker paru. Para peneliti meyakini bahwa manfaat itu berafiliasi dengan kandungan allicin.

Kesehatan Jantung

Serangan jantung dipicu alasannya ialah rendahnya suplai oksigen ke tubuh. Bawang putih yang masih segar ternyata lebih baik dalam mengurangi kerusakan akhir rendahnya suplai oksigen tersebut ketimbang bawang yang sudah dikeringkan.

Agar kandungan senyawa yang terdapat pada bawang putih tidak hilang , sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah. Jika tidak suka dengan rasa dann aromanya , bisa ditambahkan sedikit madu. Baca juga mengenai manfaat bawang merah untuk kesehatan.

Artikel terkait: