Luar Biasa!! Perut Jadi Rata dalam 1 Bulan dengan Olahraga ini

Berlatih Plank untuk Mendapatkan Perut Rata
Perut buncit pastinya kurang sedap dipandang mata dan juga mempengaruhi kondisi kesehatan. Selain membuat tubuh tidak nyaman dan menyulitkan mencari celana yang pas, perut yang besar juga meningkatan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Tapi tak perlu khawatir lagi karena ada olahraga yang dapat menghilangkan perut buncit hanya dalam waktu satu bulan atau kurang. Memang terdengar berlebihan, tapi toh tidak ada salahnya untuk mencoba.

Hanya perlu berbaring diatas lantai, terlihat mudah bukan? Tetapi jangan salah, kita harus menopang berat badan dengan lengan dan kaki. Latihan ini biasa disebut latihan plank.

Berbagai macam posisi plank

Dilansir dari laman Women Daily Tips, cara tersebut harus dilakukan selama satu bulan dengan durasi waktu seperti berikut ini : 

Hari 1 latihan plank selama 20 detik
Hari 2 latihan plank selama 20 detik
Hari 3 latihan plank selama 30 detik
Hari 4 latihan plank selama 30 detik
Hari 5 latihan plank selama 40 detik
Hari 6 - Istirahat
Hari 7 latihan plank selama 45 detik
Hari 8 latihan plank selama 45 detik
Hari 9 latihan plank selama 60 detik
Hari 10 latihan plank selama 60 detik
Hari 11 latihan plank selama 60 detik
Hari 12 latihan plank selama 90 detik
Hari 13 - Istirahat
Hari 14 latihan plank selama 90 detik
Hari 15 latihan plank selama 90 detik
Hari 16 latihan plank selama 120 detik
Hari 17 latihan plank selama 120 detik
Hari 18 latihan plank selama 150 detik
Hari 19 - Istirahat
Hari 20 latihan plank selama 150 detik
Hari 21 latihan plank selama 150 detik
Hari 22 latihan plank selama 180 detik
Hari 23 latihan plank selama 180 detik
Hari 24 latihan plank selama 210 detik
Hari 25 - Istirahat
Hari 26 latihan plank selama 210 detik
Hari 27 latihan plank selama 240 detik
Hari 28 latihan plank selama 240 detik
Hari selanjutnya latihan plank selama >240 detik


Plank dengan tangan lurus
Ketika melakukan plank, sangat penting memilih posisi yang tepat, seperti tulang belakang harus tetap pada posisi lurus. Hindari tekanan yang berlebihan disekitar leher maupun punggung. Biarkan kaki sedikit direnggangkan dan saat mengangkat tubuh kemudian menopangnya dengan lengan dan kaki, maka otot paha dan perut lah yang akan bereaksi.

Posisi side plank untuk menguatkan otot perut
Pastikan juga tangan berada pada posisi yang benar. Luruskan tangan atau melipatnya dengan siku sebagai tumpuan. Siku berada langsung di bawah bahu, jangan lupa menyesuaikan jarak antar kaki seperlunya. Yang terpenting adalah mengatur pernapasan tidak terlalu cepat dan buatlah tubuh se-rileks mungkin.

Sit-up juga biasa dijadikan pilihan bagi banyak orang yang mau memiliki perut rata. Sayangnya tak sepenuhnya gerakan sit-up atau pun crunches dapat membakar lemak, tapi cukup efektif untuk membentuk otot perut.

Lemak pada perut sebetulnya berada jauh di bagian bawah perut, dan terkadang menyelimuti organ dalam seperti liver atau usus. Lemak tersebut dikenal dengan nama lemak visceral, dan untuk dapat membakar lemak pada bagian ini diperlukan lebih dari sekedar latihan kekuatan otot perut.


Jenis olahraga yang memakai lebih banyak otot (contoh: squat), akan membakar lebih banyak kalori dibanding jenis olahraga yang menggunakan sedikit otot seperti crunches. Latihan dengan beban lepas juga akan memaksa tubuh untuk menyeimbangkan diri sehingga akan lebih banyak otot utama yang bekerja.

Tanpa disadari, latihan tersebut nantinya melibatkan otot perut, sehingga hasilnya akan jauh lebih baik dibanding hanya melatih otot-otot tertentu saja.

Artikel terkait:

Perut Jadi Rata dalam 1 Bulan dengan plank karena lebih efektif daripada situp