Hobi Selfie? Hati-Hati Mungkin Kamu Terjangkit Penyakit Hati Ini

Akunews.com |
Fenomena selfie memang sudah bukan hal yang gres ketika ini.



Fenomena ini menyentuh seluruh masyarakat , tidak hanya dewasa saja , melainkan ibu-ibu dan bahkan belum dewasa kecil , juga acap kali melaksanakan selfie.
Selfie atau yang berarti acara mengambil foto oleh diri sendiri dengan menimbulkan diri sendiri sebagai objek foto tersebut.

Selfie dilakukan masyarakat di mana saja , ketika berdiri tidur , ketika sedang berada di dalam kendaraan beroda empat , menghadiri sebuah program , bahkan yang lebih parahnya lagi , dapat juga kita jumpai masyarakat melaksanakan selfie di dalam masjid.

Selfie yang berlebihan ini dapat menggiringmu pada penyakit hati yang disebut dengan Ujub. Mungkin kalimat Ujub masih terdengar abnormal di telinga. Ujub sendiri berarti mengagumi diri sendiri , merasa diri kita memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain.

عن أبى هريرة رضي الله عنه عن رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه و سلم قَالَ: بَيْنَمَا رَجُلٌ يَتَبَخْتَرُ يَمْشِى فىِ بُرْدَيْهِ قَدْ أَعْجَبَتْهُ نَفْسُهُ فَخَسَفَ اللهُ بِهِ اْلأَرْضَ فَهُويَتَجَلْجَلُ فِيْهَا إِلىَ يَوْمِ اْلقِيَامَةَِ
Rosulullah alaihi wa sallam bersabda , “Ketika itu ada seseorang berjalan penuh gaya dengan mengenakan sepasang pakaiannya , sungguh ia merasa kagum terhadap dirinya (ujub). Lalu Yang Mahakuasa membenamkannya ke dalam bumi , maka ia tetap karam di dalamnya hingga hari kiamat”. [HR Muslim: 2088 , al-Bukhoriy: 5789 dan Ahmad: II/ 315 , 531. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: shahih , lihat Mukhtashor Shahih Muslim: 1362 dan Shahih al-Jami’ ash-Shaghir: 2875].
Kebanyakan orang yang melaksanakan selfie , pasti mengambil begitu banyak foto dalam satu waktu , kemudian dari begitu banyak foto tersebut , mereka akan memilah-milahnya , dan mengambil hanya foto yang terlihat tanpa cacat saja.

Lalu , foto tersebut dipandangi berkali-kali , dan perlahan timbul rasa puas di dalam diri orang tersebut. Merasa hidungnya lebih mancung dibandingkan hidung teman-temannya , atau berpikir bahwa matanya jauh lebih bagus dibandingkan kepunyaan orang lain.

Dalam Qur’an Surah Al-Lukman ayat 18 , berbunyi:

وَلاَتُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَتَمْشِ فِي اْلأَرْضِ مَرَحًا إِنَّ اللهَ لاَيُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ
Dan janganlah kau memalingkan mukamu dari insan (karena sombong) dan janganlah kau berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Yang Mahakuasa Subhanahu Wa Ta’Ala tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.

Untuk itu , mulai sekarang , janganlah lagi tergila-gila melaksanakan selfie. Kita semua harus mulai melaksanakan instrospeksi diri dan menyadari kekurangan-kekurangan yang kita miliki. Insyaallah kita akan dimudahkan menuju jalan-Nya yang lurus.

Artikel terkait: