Cara Mengatasi Kebotakan pada Pria Secara Permanen Dengan Transplantasi

Selain faktor genetis dari keluarga, faktor gaya hidup juga mempengaruhi terjadinya kebotakan pada pria. Tetapi sekarang sudah ditemukan sebuah prosedur transplantasi rambut yang bisa mengatasi kekhawatiran pria akan penampilannya karena kebotakan.
Selain mengubah tampilan rambut secara drastis prosedur tersebut juga dapat mengubah kepercayaan diri dan pandangan orang lain terhadap tingkat daya tarik maupun perkiraan usia.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh JAMA Network Journals, dijelaskan bahwa peneliti menyurvei 122 peserta dimana 48 persen diantaranya adalah pria. Seluruh peserta diperlihatkan foto 13 pria yang mengalami proses kebotakan, 7 diantaranya sudah menjalani prosedur transplantasi rambut dan 6 orang lainnya tidak. Kemudian setiap peserta diminta untuk melakukan penilaian pada skala 0 sampai 100 kepada semua foto untuk mengukur daya tarik, keberhasilan, usia dan kemungkinan untuk didekati.

Hasilnya mengejutkan, 7 orang yang melakukan transplantasi rambut dinilai lebih sukses, lebih menarik , lebih muda dan mudah didekati. Peneliti juga mengatakan bahwa penampilan dapat mempengaruhi status sosial dan perkembangan karier seseorang. Pria yang melakukan transplantasi rambut terlihat 3,5 tahun lebih muda, lebih atraktif, lebih memiliki peluang sukses dalam karier, dan lebih mudah didekati dalam lingkungan sosial, ungkap temuan tersebut.

salah satu selebriti yang melakukan transplantasi rambut
Prosedur ini sudah dilakukan di AS sejak 1950an, hanya saja tekniknya menjadi lebih baik akhir-akhir ini. Dalam prosedur yang berlangsung sekitar 4-8 jam tersebut, dokter ahli bedah memindahkan kulit kepala yang mempunyai pertumbuhan rambut aktif kemudian menanamkannya di daerah kulit kepala yang mengalami penipisan atau kebotakan.

Untuk mengamati proses pertumbuhan rambut tersebut, diperlukan waktu sekitar 3 hingga 9 bulan pasca operasi. Prosedur dapat diulang kalau pria ingin memiliki rambut yang lebih tebal. Prosedur ini masih memiliki efek samping dan perlu diminimalisir dengan konsultasi dengan dokter ahli bedah.


Setiap pria tak harus melakukan transplantasi rambut untuk bisa tampil percaya diri dengan ancaman kebotakan tadi. Dengan rutin menggunakan produk anti penipisan rambut juga bisa jadi cara pertama untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut.

Artikel terkait:

Cara Mengatasi Kebotakan pada Pria Secara Permanen Dengan Transplantasi