Black Friday : Harinya Yang Gila Belanja Di Amerika

Akunews.com |
Black Friday  adalah suatu perayaan dimana semua orang sedang “gila belanja”. Perayaan tersebut memang tidak resmi , namun semua orang pasti tahu hari itu tanpa melihat tanggal yang ada di kalender rumah mereka. 

Image Credit
Saat itu banyak sekali macam toko berlomba-lomba menarik perhatian pembeli. Bahkan dengan mengadakan sebuah pertunjukan yang memukau di emperan toko mereka. Selain itu banyak sale-sale yang di berikan toko-toko mereka di hari Black Friday . Sale-sale tersebut membuat pembeli semakin “gila belanja” , karena sale yang di berikan tiap toko di berikan secara besar-besaran.

Black Friday sangat terkenal di amerika. Para penggila belanja selalu menantikan hari itu untuk mencurahkan hasrat “gila belanja”. Mereka rela mengantri berderet-deret di depan toko untuk memburu barang-barang yang mereka inginkan. Mereka akan membawa uang sebanyak mungkin dan memburu barang sebanyak-banyaknya. Tidak hanya mereka yang “gila belanja”. Mereka dari kalangan biasapun ikut memeriahkan Black Friday. 

Bagi mereka yang memiliki dana sedikit , mereka tetap mampu datang di Black Friday. Selain barang-barang yang sudah di diskon secara besar-besaran , mereka juga menunjukkan harga yang masih boleh untuk di tawar. Black Friday yaitu hari dimana semua pembeli memperoleh harga yang sangat miring , tidak menutup kemungkinan untuk mereka yang mempunyai budget rendah untuk belanja.

Asal mula nama Black Friday  adalah ketika para penjual mencantumkan di internet perihal keuntungannya setiap perayaan Black Friday  terjadi dengan warna hitam. Selain keuntungan , mereka juga membeberkan secara terang-terangan mengenai kerugian yang mereka alami dengan tinta warna merah. 

Mengapa yang di ambil yaitu kata Black Friday  mungkin karena mereka memperoleh lebih banyak keuntungan di bandingkan kerugiannya. Sedangkan kata Friday di ambil dari hari perayaan tersebut yang terjadi pada hari jumat dari pagi hingga malam hari.

Black Friday  diadakan pada ahad keempat bulan nopember setiap hari jumat. tahun ini Black Friday  jatuh pada tanggal 28 Nopember 2014 di US Amerika serikat. Seorang pembeli akan tertarik memasuki toko biasanya karena iming-iming proposal yang menggiurkan. Tidak lain yang di maksud yaitu bandrol harga miring atau diskon bersar-besaran. Tentu jikalau penjual ingin pembeli datang lebih banyak di toko , mereka perlu marketing yang bagus. 

Biasanya para penjual ini mengiklankan barang-barang mereka yang di bandrol dengan harga murah atau diskon besar pada surat kabar atau media online. Dengan begitu para pembeli akan tertarik untuk datang berbondong-bondong pada hari H di toko mereka. 

Para penjual mengiklankan barang mereka biasanya di awal bulan nopember. Kadang ada pula penjual yang membeberkan harga jual mereka ketika Black Friday  satu bulan sebelumnya. Semakin awal mereka memberi tahu konsumen , akan lebih cepat penjual mengambil hati para penjual. 

Beberapa toko memiliki situs tersendiri untuk mengumumkan diskon atau pembandrolan harga miring pada barang-barang penjualan mereka untuk Black Friday  Selain itu dengan situs tersebut mereka mampu menjual barang – barang tersebut secara Online.

Membeli barang secara online memang sangat memudahkan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang kepuasan perbelanjaan. Padahal sebagian mereka sangat ingin menikmati diskon besar-besaran di setiap toko pada Black Friday. Namun demikian mereka yang membeli secara online akan dikenakan biaya komplemen sebagai ongkos pengiriman.
Selain ongkos pengiriman hal lain yang perlu diperhatikan ketika berbelanja online yaitu perihal sebuah kesepakatan. 

Kesepakatan tersebut bukan hanya duduk perkara harga , namun pastikan penjual mengetahui benar barang yang kau inginkan. kroscek kembali perihal nama barang yang kau pilih , perihal warna , ukuran , bahan dan merk yang terpampang pastikan sama dengan apa yang akan kau dapatkan nantinya.

Mintalah garansi pengembalian jikalau barang yang datang tidak sesuai dengan pemesanan. Komplain karena kesalahan penjual biasanya akan di tolelir pihak toko asal barang yang kau kembalikan masih dalam keadaan baik.

Jangan lupa menyampaikan konfirmasi pada penjual jikalau barang yang kau beli sudah hingga dan sudah berada di tangan kamu. berikan testimoni , baik atau buruk akan menyampaikan gosip berharga kepada orang lain.

Black Friday  memang hanya ada di Amerika , namun siapa saja boleh menikmati uforia perayaan tersebut termasuk mereka yang berbeda negara. Dengan sistem pembelian online akan lebih memungkinkan para penjual memperluas area jualnya. Tentu keuntungan yang di raih akan semakin besar. Terkadang penjualan secara online ketika Black Friday  lebih menunjukkan penawaran yang lebih mejnjanjikan.

Black Friday  benar-benar memuaskan penjual dan pembeli. Penjual merasa puas karena barang-barang yang ia jual laku keras , meskipun untungnya mungkin tidak sebanyak di hari biasanya. Sedangkan pembeli dimanjakan dengan barang-barang murah yang di jual. Black Friday  ramai di datang

Meskipun Black Friday  adalah hari untuk si tukang “gila belanja” , namun kau harus memperhatikan beberapa hal ketika melaksanakan transaksi ketika Black Friday. 

Berikut ini yaitu beberapa tips belanja ketika Black Friday . Simak baik-baik ya!


1. Jika kau yaitu seorang yang “gila belanja” dan sangat menantikan Black Friday  tiba , sebenarnya kau mampu mencuri start untuk mewujudkan harapan kau hingga hari itu tiba. Caranya kau mampu mengunjungi website www.theblackfriday.com setiap hari untuk mengetahui toko mana saja yang terlebih dahulu memulai perayaan Black Friday .

Biasanya mereka mencuri start untuk menarik simpatik pelanggan untuk mengunjungi tokonya atau bahkan untuk membeli barang dagangannya.

Image Credit
Agar waktu yang kau punya lebih efektif , tentukan dahulu barang apa yang ingin kau cari atau yang hendak ingin kau beli. Pastikan barang-barang itu yaitu barang yang kau benar-benar butuhkan dan manfaatnya mampu untuk jangka panjang. Karena mampu jadi ketika kau melihat penawaran gila-gilaan di website tersebut di atas kau akan menjadi gelap mata dan mengada-adakan barang yang seharusnya tidak ada dalam daftar barang yang kau butuhkan. 

Ketika seseorang melihat sesuatu yang menguntungkan , sebut saja melihat diskon atau bandrol harga yang miring , mereka akan beranggapan bahwa moment itu tidak akan terulang kembali , kemudian mereka memutuskan untuk membeli barang-barang tersebut padahal itu tidak sesuai dengan harapan , dan kebutuhan mereka. 

Mereka sering mementingkan sesuatu yang tidak penting , lantas terburu-buru membeli tanpa melihat kualitas dan kemanfaatan barang tersebut untuk dirinya.

Contoh kasus : Mr. Rambo ketika mengunjungi website www.blackfriday.com umumnya ingin mencari sebuah daerah tidur baru , namun ketika itu tidak ada toko online yang menunjukkan barang tersebut dengan badrol harga miring atau diskon besar. Namun dia melihat beberapa toko online menjual barang-barang keperluan berkebun dengan kualitas mengagumkan dan harga terjangkau. 

Mr. Rambo kemudian tertarik membeli barang-barang tersebut , ia berfikiran jikalau ia akan menyia-nyiakan kesempatan emas itu ketika memutuskan untuk tidak membeli barang keperluan tersebut. padahal sebetulnya Mr. Rambo tidak terlalu membutuhkannya , namun karena harganya yang menarik , ia berusaha membuat barang tersebut penting dalam pemanfaatannya.

Sungguh hal tersebut yaitu sifat konsumtif insan yang berlebihan. Kecenderungan boros untuk suatu hal yang di penting-pentingkan akan sangat merugikan untuk kau sendiri. Mengapa demikian? karena ketika Black Friday  tiba mampu jadi uang kau akan habis untuk membeli benda-benda yang tidak begitu penting. 

Walhasil barang-barang yang kau inginkan dan kau butuhkan sebelumnya menjadi tidak mampu di beli karena budget yang kau anggarkan untuk membeli barang-barang tersebut sudah habis. Sangat di sayangkan sekali bukan :) 


2. Saat belanja di Black Friday , kau perlu menggunakan taktik berikut ini :

a. Karena toko satu dengan toko yang lain mungkin menunjukkan harga yang berbeda dengan kualitas dan barang yang sama , cobalah untuk melaksanakan hunting sebelumnya. Mengunjungi beberapa toko yang berbeda untuk sekedar survei harga sangat penting untuk mengetahui harga yang lebih murah untuk barang yang kau cari.

b. Jika kau tidak sempat dan takut kelelahan jikalau harus mengunjungi satu persatu toko , carilah gosip alamat website masing-masing toko tersebut untuk mengetahui iklan mereka perihal barang yang kau cari. Perhatikan penawaran harga yang di berikan. Saat kau sudah cocok dengan harga pada salah satu toko , kau mampu mengunjunginya pribadi jikalau memang lokasimu tidak terlalu jauh dengan toko yang di tuju. 

Contoh kasus : misalnya kau sangat ingin membeli sepatu dan tas. Sebaiknya kau survei harga sehari sebelum kau menuju toko yang menjual barang tersebut melalui website yang toko itu miliki. Usahakan kau tidak hanya melihat barang tersebut hanya satu website toko saja. mungkin pada toko A harga sepatu lebih murah dari toko B , begitu juga sebaliknya mampu saja tas yang kau inginkan lebih murah di toko B , dari pada di toko A.

Setelah mengetahui harga paling murah barang-barang yang kau inginkan , maka ketika Black Friday   tiba kau hanya perlu mengunjungi 2 toko saja. Dengan tidak berkeliling toko kau sudah menghemat tenaga , dan menjaga pandangan kau untuk tergiur barang-barang selain yang kau cari.

c. Jika kau masih dalam jarak yang terjangkau sebisa mungkin hindari membeli barang dengan cara mengirim di rumah.

Karena kau tentu akan mengeluarkan lebih banyak biaya untuk pengiriman. Biaya pengiriman mampu jadi lebih mahal dari barang yang kau inginkan. Tentu itu akan menyita pengeluaran anggaran kau untuk keperluan yang lain.

d. Jika kau ingin membeli barang dalam partai besar atau dengan jumlah yang sangat banyak. Mungkin kau akan dikenakan harga standart hari biasa pada toko-toko tertentu. kebijakan setiap toko memang berbeda-beda , inilah mengapa para pembeli perlu melaksanakan survei terlebih dahulu.

Terkadang setiap toko memiliki kebijakan bahwa ia akan mengeluarkan bandrol harga miring atau diskon yang besar hanya untuk satu barang saja. artinya jikalau ada seorang pembeli yang ingin membeli barang tersebut lebih dari satu buah , maka ia akan dikenakan harga yang berbeda. Mungkin akan sama dengan harga pada hari biasa , tapi mungkin juga akan dikenakan diskon meski relatif lebih kecil. Tergantung ketetapan toko masing-masing.

Untuk menyiasati hal itu , ketika kau ingin membeli barang yang kau inginkan namun tidak diberi harga murah ketika ingin membeli dalam jumlah yang banyak , ajaklah beberapa saudaramu untuk membantumu menerima barang tersebut dengan jumlah yang banyak. Caranya : berilah mereka uang lalu mintalah mereka untuk membeli barang yang kau inginkan. jikalau kau meminta tolong pada dua saudara , tentu kau akan menerima 3 barang dengan harga yang murah. Namun ketika barang yang kau inginkan belum memenuhi standar jumlahmu , maka carilah toko yang lain yang menyampaikan sesuai dengan budget yang kau miliki.

Perhatikan ketentuan dan syarat yang diberlakukan masing-masing toko. Karena sangat memungkinkan antara satu toko dengan toko yang lain mempunyai ketentuan dan syarat yang berbeda. 

Diskon yang diberlakukan mungkin diberlakukan dengan ketentuan dan syarat tersebut. Jangan hingga kau rugi ketika sewaktu akan membayar di kasir barang yang sudah kau beli ternyata tidak sesuai dengan harga yang sudah di beri diskon karena kau mengabaikan ketentuan dan syarat yang berlaku di toko tersebut.

Perhatikan jam-jam tertentu ketika toko memberlakukan diskon besar-besaran. Banyak toko pada perayaan Black Friday  menawarkan diskon besar dan bandrol harga miring pada jam tengah malam hingga menjelang pagi saja. dan di waktu pagi hingga malam pukul 00.00 toko tersebut masih menetapkan harga sama mirip hari biasa.

Tidak ada salahnya bagi kau untuk meluangkan waktu sehari tidak tidur demi memeriahkan Black Friday  yang di lakukan satu tahun sekali. Bisa jadi kau akan menyesal jikalau kau tidak menerima  barang yang kau butuh dan inginkan ketika harganya sangat miring. Mengorbankan jam tidur untuk sesuatu yang berarti yaitu hal yang bijaksana apalagi untuk seorang yang gila belanja.

Jangan lupa membawa kartu langganan jikalau kau ingin berbelanja ketika Black Friday . Beberapa toko memberlakukan diskon hanya pada seorang yang mempunyai kartu langganan belanja di daerah tersebut. selain diskon kau juga berpeluang memenangkan undian karena beberapa toko melaksanakan pengundian poin belanja berhadiah ketika Black Friday  berlangsung. Artinya ketika kau punya kartu berlangganan belanja , kau telah cukup lama menjadi pembeli di toko tersebut. dan peluang menerima undian tersebut semakin besar. 

Jangan menghilangkan tanda terima pembayaran ketika kau final berbelanja pada sebuah toko. Khususnya toko-toko yang menjual alat-alat yang tidak boleh di coba terlebih dahulu. Biasanya pihak toko menyampaikan garansi berupa tanda terima pembayaran. Makara jikalau sewaktu-waktu kau menerima barang yang kau inginkan tidak sesuai dengan apa yang kau harapkan kau mampu menukar di toko yang sama. 

Cukup dengan menunjukkan tanda terima pembayaran yang sebelumnya di berikan kepadamu pada transaksi pertama. Selama masih ada waktu garansi dan jikalau barang masih terlihat mengagumkan , pihak toko akan menggantinya dengan jenis lain atau dengan serupa yang baru.

Bawalah selebaran iklan ketika mengunjungi toko di hari Black Friday . Jika ketika itu kau menemukan ketidak sesuaian dengan apa yang mereka pampang di iklan tersebut , kau dapat mengajukan protes dan menanyakan alasan kebijakan terebut di ubah. Dengan bukti selebaran iklan yang kau miliki mungkin kau akan memperoleh hasil mirip yang kau inginkan.

Image Credit
Selebaran iklan biasanya mengandung ketentuan pemotongan harga ketika kau menunjukkannya di kasir waktu kau akan membayar barang yang telah kau beli. 

Jangan abaikan selebaran iklan yang kau dapat terkait dengan Black Friday . Simak syarat dan ketentuan yang berlaku , siapa tahu ada ketentuan yang menguntungkan mirip yang tertulis di atas.

Artikel terkait: