Beginilah Cara Allah Memberikan Rizki pada Makhluk-Nya

Akunews.com |
Rizki yakni satu rahasia Tuhan yang diperuntukkan untuk semua makhluknya.



Tidak ada yang mampu tahu seberapa besarkah rizki yang Tuhan akan berikan pada kita dan lewat arah mana datangnya. Namun , dari kitab suci Al-Qur’an kita dapat mengetahui bagaimana cara Tuhan menunjukkan rizki pada makhluk-Nya. Berikut ini di antaranya mirip dikutip dari fimadani:
1. TINGKAT REZEKI PERTAMA YANG DIJAMIN OLEH ALLAH

“Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yg bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Tuhan rezekinya.”(QS. Hud: 6).

Artinya Tuhan akan menunjukkan kesehatan , makan , minum untuk seluruh makhluk hidup di dunia ini. Hal tersebut yakni rezeki dasar yang terendah.

2. TINGKAT REZEKI KEDUA YANG DIDAPAT SESUAI DENGAN APA YANG DIUSAHAKAN.

“Tidaklah insan mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya” (QS. An-Najm: 39).

Tuhan akan menunjukkan rezeki sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Jika seseorang bekerja selama dua jam , dapatlah hasil yang dua jam. Jika kerja lebih lama , lebih rajin , lebih cerdik , lebih sungguh-sungguh , seseorang akan mendapat lebih banyak. Tidak pandang dia itu seorang muslim atau kafir.
3. TINGKAT REZEKI KETIGA ADALAH REZEKI LEBIH BAGI ORANG-ORANG YANG PANDAI BERSYUKUR.

“… Sesungguhnya jikalau kau bersyukur , pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu , jikalau kau mengingkari (nikmat-Ku) , maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Inilah rezeki bagi orang yang disayang oleh Allah. Orang-orang yang pandai bersyukur akan dapat mencicipi kasih sayang Tuhan dan mendapat rezeki yang lebih banyak.

Itulah Janji Allah! Orang yang pandai bersyukurlah yang dapat hidup bahagia , sejahtera dan tentram. Usahanya akan sangat sukses , alasannya Tuhan tambahkan selalu.

4. TINGKAT REZEKI KEEMPAT ADALAH REZEKI ISTIMEWA DARI ARAH YANG TIDAK DISANGKA-SANGKA BAGI ORANG-ORANG YANG BERTAKWA DAN BERTAWAKAL PADA ALLAH SWT.

“…. Barangsiapa yang bertaqwa kepada Tuhan niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Tuhan niscaya Tuhan akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Tuhan melakukan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Tuhan telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS.Ath-Thalaq:2-3)

Peringkat rezeki yang keempat ini yakni rezeki yang istimewa , tidak semua orang mampu meraihnya. Rezeki ini akan Tuhan berikan dari arah yang tidak disangka-sangka. Mungkin pada ketika seseorang berada dalam kondisi sangat sangat membutuhkan.

Demikian di antara cara bagaimana Tuhan menunjukkan rizki kepada makhluk-Nya. Semoga kita menjadi bagian dari makhluk yang menerima rizki yang diridhoi Allah.

Artikel terkait: