Video Yang Mempermalukan Pria Ini Menjadi Viral

Sebuah iklan video yang diproduksi Astral Pipes mendorong Tanggungjawab Sosial yang ditujukan kepada setiap perusahaan swasta dan asing India, perusahaan-perusahaan tersebut diwajibkan memberikan 2 persen dari keuntungannya guna membangun sarana WC peturasan umum di setiap desa di India. Meski demikian kewajiban itu jarang dilakukan para pengusaha India, bahkan banyak di antaranya yang membangun toilet umum itu sembarangan dan rusak dalam beberapa pekan.


Video tersebut menggambarkan sejumlah lelaki menuju padang ilalang untuk buang air. ketika mereka bersiap-siap tiba-tiba muncul para wanita mengelilingi mereka sambil menyanyikan lagu yang syairnya mempermalukan pria-pria tersebut. Dikatakan bahwa kaum lelaki lebih suka menggunakan uangnya untuk membeli telepon selular atau komputer, ketimbang membangun toilet di rumahnya.

Iklan layanan masyarakat tersebut mewakili 200 ribu dari 500 juta penduduk India yang menderita penyakit diare setiap tahunnya. Angka tertinggi di antara negara-negara di dunia. Tanpa pengadaan WC umum, kepedulian terhadap kaum hawa, kesehatan perempuan India terabaikan hingga banyak yang menderita infeksi genital. Sejumlah gerakan sosial pun dilakukan pemerintah negara bagian di India untuk membantu kaum wanita yang rasionya 943 perempuan dari 1.000 kaum pria di India.

Bahkan di 100 desa di Negara Bagian Haryana, kaum perempuan ada yang memberi prasyarat utama bagi calon pasangannya untuk membangun kamar mandi lebih dahulu. sekarang program yang diberi nama 'No Toilet No Bride' tersebut itu berlangsung sukses dan menambah jumlah toilet dan kamar mandi dua kali lipat.

Pada tahun 2012 ada sekitar 1.600 desa dinyatakan bebas dari sebutan 'Peturasan Terbuka'. Pemerintah India menyatakan pada 2017 ini, seluruh Negara Bagian di India diwajibkan memiliki peturasan umum dan kamar mandi layak pakai.

Artikel terkait: