Video Ini Ungkap Keberadaan Hotel Tempat Rizieq Shihab Menginap di Mekkah?


Tidak lama setelah Rizieq Shihab ditetapkan sebagai tersangka kasus chat porno pada 29 Mei lalu, sebuah video milik DPP FPI memperlihatkan keberadaan Rizieq di sebuah hotel di Mekkah. Video berdurasi pendek tersebut diposting di akun Instagram DPP FPI yang menunjukkan Rizieq sedang menjamu perwakilan FPI dan kuasa hukumnya Eggi Sudjana.

Video tersebut diunggah pada 29 Mei  2017 pukul 23.20. Namun jika diperiksa lebih teliti, waktu zulu (UTC) maka yang terlihat adalah pukul 18.20. Keberadaan si pengunggah bisa dilacak dapat diketahui dari waktu zulu tersebut.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Front Pembela Islam (@dpp_fpi) pada

Seperti yang dilansir oleh Tirto.id, saat menggunggah video tersebut Admin DPP FPI tidak sedang berada di Indonesia. Jika merujuk waktu UTC 18.20 dan lokasi Indonesia yang berada di GMT+7 mestinya waktu yang muncul di skrip video adalah 01.20, dengan tanggal yang berbeda yakni, 30 Mei.

Sedangkan angka yang muncul 23.20, maka dipastikan bahwa si pengunggah video tersebut ada di zona waktunya GMT+5 seperti Pakistan, Maladewa, Taijikistan, Uzbekistan, dan Kazakhstan. Bila data tersebut dihubungkan dengan rute perjalanan pesawat Jeddah menuju Jakarta, maka ditemukan kecocokan, khsusunya penerbangan dengan pesawat Garuda GA981 dan Saudi Airlines SV816.

Tanggal 29 Mei 2017 lalu, pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA816 berangkat dari Jeddah pukul 16.37 UTC sedangkan maskapi Saudi Airlines terbang 16.28. Jika memperhatikan data dari flightradar24, ketika memasuki waktu 18.20 UTC, kedua pesawat ini sedang berada di Laut Arab – selatan Pakistan.

Baca juga: Masuk DPO, Foto Rizieq Beredar di Semua Kantor Polisi

Dari analisis tersebut bisa disimpulkan bahwa video tersebut diunggah admin DPP FPI saat berada dalam pesawat usai menemui Rizieq di Mekkah. Tidak sulit untuk mengakses internet di dalam pesawat GA981 atau SV816 karena kedua pesawat tersebut memberikan akses WiFi kepada penumpang.

Yang menjadi pertanyaan kemudian, kapankah video tersebut direkam? Sungguh tidak mungkin jika video itu direkam pada 29 Mei atau bertepatan dengan waktu saat pengunggahan.

Di video tersebut terlihat sosok Eggi Sudjana. Diketahui bahwa Eggi tiba di Indonesia tanggal 29 Mei 2017 dan memberi keterangan pers ke wartawan di DPP FPI pada hari yang sama di sore hari. Itulah penjelasan mengapa video tersebut dilakukan sebelum tanggal 29 Mei 2017.

Apakah Rizieq Menginap di Hotel Mewah?

Di video tersebut terlihat Rizieq bertemu dengan rombongan FPI di sebuah kamar hotel yang terlihat mewah. Bahkan Kabah dan kerumunan orang yang sedang thawaf terlihat dari jendela kamar tersebut. Sebenarnya dari video tersebut bisa dilacak di mana tempat Rizieq menginap.

Dari video tersebut terlihat posisi kabah yang membentuk sudut 45 derajat, dan menara hijau bisa menjadi petunjuk awal untuk menemukan hotel tempat Rizieq menginap. (Lihat Foto).

via Tirto.id

Berdasarkan petak komplek Masjidil Haram, maka dapat ditemukan menara yang bentuknya sama seperti di video tersebut.

via Tirto.id
Merujuk pada peta kompleks Masjidil Haram secara keseluruhan, maka kita akan menemukan menara yang bentuknya sama seperti di video. Bentuk masjidil haram, mirip seperti juring lingkaran 30 derajat – empat menara memutari keliling lingkaran itu, sedangkan satu lagi di sumbu. Dari keempat menara, jarak diantara dua menara di tengah sangat dekat.

Di dalam video tampak hanya satu menara, itu berarti menara yang tampak kemungkinan besar adalah menara yang di utara, barat dan tenggara (sumbu).

Potensi menara sumbu harus dieliminir karena posisinya sejajar dengan Ka’bah. Jika pengambilan gambar dilakukan maka muncul di video adalah Ka’bah dengan posisi lurus, tidak menyerong seperti yang ada di video dirilis DPP FPI. Setelah menemukan spot sudut pengambilan gambar langkah selanjutnya menyisir hotel-hotel di sekitar area yang telah disortir (lihat grafis di berikut).

via Tirto.id
Di area yang telah disortir ditemukan beberapa hotel mewah dengan ketinggian gedung lebih dari 15 lantai – video memperlihatkan Ka’bah, itu artinya kamar tempat video itu diambil berada di atas lantai 15.

Rizieq Menginap di Salah Satu Hotel Ini

Saat dilakukan penyortiran muncullah beberapa nama hotel, diantaranya: Le Meridien Makkah, Al Safa Royal Palace, Al Safwah Royale Orchid,  Royal Dar Al Eiman, Al Massa Hotel, Guess Palace, Al Safwah Hotel Tower 1, Makkah Hilton Towers,  dan hotel termegah di Mekkah yaitu Makkah Clock Royal Tower.

Langkah berikutnya adalah menemukan interior kamar hotel yang serupa dengan di video. Sampel yang digunakan adalah motif karpet, interior kamar, dan warna dinding. Setelah memeriksa hotel di atas satu per satu, maka diketahui bahwa lokasi perekaman video dilakukan di Hotel Al Safwah Royale Orchid Tower 1. Kemiripan itu terlihat dari motif karpet dan bentuk kusen (lihat gambar di bawah).

via Tirto.id
via Tirto.id
Untuk melihat gambar lain dari kamar hotel ini Anda bisa lihat di Situs ini.

Hotel Al Safwah adalah hotel berbintang lima. Biaya menginap di hotel ini harga termurah per malamnya mencapai 720 riyal atau sekitar Rp2,5 juta. Namun, sepertinya interior kamar dari rekaman video yang diambil itu bukanlah dengan fasilitas standar.

Dari video terlihat kamar Double Studio. Ruangannya berukuran 112 meter persegi, dengan fasilitas ruang tamu dan bathroom. Bisa memandang ka’bah secara langsung dari jendela membuat tarif sewa kamar jadi lebih mahal. Tarif di situs booking.com menyebut sewa kamar ini perhari berkisar 7-15 juta rupiah. Pada momen bulan Ramadan kali saat di mana okupansi meningkat, tarif hotel pasti akan lebih mahal.

Lihat juga: Visa Habis, Rizieq Shihab Minta Suaka Politik ke Arab Saudi

Lalu bagaimana kiprah Rizieq bisa menginap di hotel bintang lima dengan fasilitas wah saat berada di Mekkah tersebut? Awal Mei lalu, seorang WNI bernama Rachman Purnama sempat bertemu dengan Rizieq di lobby Hotel Fairmont Mekkah Clock Royal Tower. Kabarnya saat menjalani umroh, Rizieq menginap di sana. Tarif di Fairmont lebih mahal ketimbang Al Safwah, tarif termurah berkisar 9 jutaan dan fasilitas termewah bisa mencapai 50 juta rupiah per malam.

Ketika hal ini dikonfirmasi ke Eggi, dia membenarkan di video tersebut adalah dirinya. “Ada juga dari FPI Sobri Lubis (Ketum DPP), MUI ada Nur Sukma (MUI Bogor), ada juga panglima Laskar FPI Maman Suryadi dan beberapa yang jalan kaki dari Ciamis,” ujarnya kepada awak media.

Desas-desus yang mengatakan bahwa fasilitas mewah tersebut adalah karena undangan raja, Eggy membantahnya. “Enggak, itu umroh aja. Disertasinya mau sekalian disusun. Undangan raja enggak ada, tapi pas di sana membangun komunikasi, waktu saya di sana komunikasi dengan setingkat menteri ada. Jadi soal visa saya kira itu mudah,” tutup Eggy.

Artikel terkait:

Dari analisis tersebut bisa disimpulkan bahwa video tersebut diunggah admin DPP FPI saat berada dalam pesawat usai menemui Rizieq di Mekkah. Tidak sulit untuk mengakses internet di dalam pesawat GA981 atau SV816 karena kedua pesawat tersebut memberikan akses WiFi kepada penumpang.