Tips Merawat Sepeda Gunung Agar Lebih Awet

Hal-hal yang Harus Diketahui Para Pecinta Sepeda
Harga sepeda gunung tidak murah, apalagi bagi orang yang berkantong pas-pasan. Tapi jika sudah memilih bersepeda gunung untuk dijadikan hobi, maka harus siap juga kalau sepeda menjadi lecet ataupun rusak karena melewati jalur offroad yang berbatu.

Atlet sepeda Yavento Ditra Pranata dan Product Development Manager Polygon Zendy M Renan membagikan tips supaya sepeda tetap terawat dengan baik dan bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

1. Sepeda harus dicuci secara rutin. Sebelum dicuci, lepaskan semua aksesoris yang melekat di handle bar atau stang, seperti speedometer, lampu atau bel. Jika sepeda menggunakan rem V brakes, maka lepaskan juga kabel penghubung dengan cara menekan kedua sisi calipersnya.

2. Bersihkan rantai dan gir menggunakan lap basah yang sudah diberi sabun kemudian putarlah pedal. Tempelkan kain lap tadi ke rantai, lakukan hingga kotoran pada rantai merontok.
Rantai dibersihkan dengan kain lap basah

3. Gunakan air sabun dengan kain lap lembut untuk membersihkan seluruh bagian frame, dan lap dengan merata. Lanjutkan ke stang depan, frame belakang dan frame depan, dan bagian penarik rem sepeda juga bagian kabel untuk pemindah gigi sepeda.

4. Bersihkan roda sepeda dengan melepaskan kedua roda dari sepeda, bersihkan bagian jari-jari dan cakram pada roda sepeda. Ketika memasang kembali roda sepeda, pastikan klip pengencang roda terpasang dengan benar.

Khusus untuk roda belakang, lakukan dengan lebih hati-hati. Masukkan gir belakang di antara mata rantai, Lalu tekan hingga roda belakang dapat masuk dengan baik.

5. Periksa putaran roda depan dan belakang, dan pastikan tidak bergoyang. Apabila masih goyang maka jari-jari roda sepeda perlu di stel ulang. Jika tidak mampu memperbaikinya sendiri, sebaiknya di bawa ke bengkel khusus sepeda supaya jari-jari roda dapat di stel ulang.

6. Periksa sistem pengereman sepeda dengan baik dan teliti, jika sudah tidak mampu mengerem dengan baik, mungkin harus di ganti kampas rem, menambahkan minyak rem atau menyetel ulang tali remnya.
“Tidak boleh menggunakan oli bekas saat melumasi rantai sepeda, karena akan mempengaruhi untuk umur rantai sepeda dan juga bagian lainnya. Gunakan minyak pelumas khusus rantai," kata Ditra di Pamitra Bike Park, Pasuruan, Minggu (21/5/2017).

7. Periksa tekanan ban sepeda sebelum digunakan, karena tekanan ban yang rendah bisa mengakibatkan ban terlipat, atau tertusuk benda tajam dan mengakibatkan bocor.
Rutin memeriksa tekanan ban bisa mempengaruhi usia ban sepeda

8. Berikan pelapis untuk body sepeda untuk merawat cat sepeda supaya tetap mengkilat dan awet. Tergantung situasi juga kondisi, maksudnya kalau tidak dilakukan juga tidak apa-apa. "Kalau untuk lecet-lecet itu sudah pasti, tinggal bagaimana kita merawatnya saja," kata Zendy.


9. Semir ban sepeda setelah selesai dicuci bersih supaya ban sepeda tetap terlihat seperti baru. Tidak apa-apa jika ingin menggunakan semir ban mobil ataupun semir ban motor, karena kualitasnya sama baiknya.

Artikel terkait:

Tips Merawat Sepeda Gunung Agar Lebih Awet