Tidak Mudah Lapar Ketika Puasa Dengan Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Puasa Lebih Sehat Dengan Makanan Yang Tinggi Serat
Banyak makanan sehat penunda lapar yang biasa dikonsumsi sebelum makan siang atau makan malam ketika seseorang masih sibuk bekerja. Namun beda hal nya ketika sedang berpuasa dan tidak boleh mengonsumsi makanan penunda lapar. Sumber makanan tinggi serat adalah solusi untuk menjaga agar tidak mudah lapar selama berpuasa.

Beberapa bahan pangan seperti beras merah, oatmeal, sayur dan buah-buahan juga mengandung karbohidrat kompleks yang juga kaya serat. Salah satu buah dengan kadar serat yang tinggi dan mengenyangkan adalah kiwi. 

Dr.Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, seorang staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan bahwa kiwi adalah buah yang padat gizi, memiliki serat tinggi dan dapat menurunkan kolesterol. Kiwi juga memiliki kandungan indeks gikemik yang rendah, yang mempengaruhi kadar gula darah untuk lebih stabil. Dan stabilitas gula gula darah yang baik akan membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Ia juga menyebutkan, bahan makan dengan nilai indeks glikemik yang tinggi akan dicerna oleh tubuh dengan sangat cepat, yang berdampak gula darah akan naik dan turun dengan sangat cepat juga. Sehingga tubuh akan dengan cepat kehilangan energi dan mudah merasa lemas. 

Buah Kurma memiliki banyak manfaat untuk tubuh
Buah kiwi merupakan salah satu pilihan yang terbaik selama berpuasa, kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga melebihi yang ada di dalam buah jeruk. Buah pepaya dan Kurma juga memiliki serat yang tinggi bermanfaat untuk menyehatkan kulit, membantu agar berat badan stabil, dan dapat mencegah penyakit kronik.

Baca Juga : Makanan Yang kita Kira Sehat Ternyata Tidak Sepenuhnya Sehat

Khusus selama berpuasa sangat baik jika menambahkan porsi buah dan sayuran bahkan hingga 5 kali lipat dari biasanya dan bisa dibagi untuk sahur, ketika berbuka dan setelah tarawih.

Artikel terkait:

Kurma dan kiwi memiliki serat yang tinggi, mencegah lapar selama berpuasa, juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit, membantu agar berat badan stabil, dan dapat mencegah penyakit kronik.