Ternyata Gizi Susu Akan Berkurang Jika di Campur Dengan Kopi atau Teh

Zat Besi Pada Susu diikat oleh Tanin dari Kopi atau Teh
Susu sangat cocok jika dicampur dengan kopi maupun teh. Selain untuk variasi rasa, orang juga mengganti gula pada minuman kopi mereka dengan susu. Tetapi benarkah percampuran tersebut nantinya dapat mengurangi kandungan gizi pada susu?

Seorang ahli gizi bernama Dr Marudut mengatakan bahwa benar terjadi pengurangan kandungan gizi dari susu apabila dicampurkan pada minuman lain. Salah satunya pada kandungan zat besi didalam susu, yang akan diikat oleh tanin, salah satu senyawa dari kopi ataupun teh.

Zat besi sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan teh dan kopi. Tapi tak usah khawatir karena zat besi tidaklah kandungan utama pada susu, melainkan kalsium.
“Senyawa tanin juga sebenarnya bereaksi pada kalsium, akan tetapi kalsium yang hilang pada susu hanya sekitar di bawah 10 persen,” ucap Marudut.


Jadi kalau tujuannya untuk mendapatkan nutrisi dari susu, lebih baik mengonsumsi susu saja, tanpa dicampurkan dengan minuman yang lain supaya gizi susu mampu terserap maksimal oleh tubuh.

Artikel terkait:

Ternyata Gizi Susu Akan Berkurang Jika di Campur Dengan Kopi atau Teh