Tahanan KPK Dibatasi Berinteraksi

KPK meminta Polres Jakarta Timur tidak memberi izin kepada siapa saja yang hendak menjenguk tahanan yang dititipkan jika tanpa izin dari KPK.

Disampaikan Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengenai Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu yang kemarin menjenguk tersangka suap Auditor BPK Rochmadi Saptogiri.

"Harapan kami hal tersebut bisa dipertimbangkan pihak pimpinan rutan," kata Feri, Selasa (30/5/2017).

Berdasarkan Keputusan Dirjen Pemasyarakatan nomor E.22.PR.08.03 tahun 2001 tentang prosedur tetap pelaksanaan tugas pemasyarakatan, bahwasanya tahanan baru akan menjalani Masa Pengenalan, Pengamanan, Penelitian Lingkungan atau biasa disebut dengan Mapenaling, dan selama masa Mapelaning tersebut mereka tidak diperbolehkan dijenguk oleh siapa saja.

Tahanan KPK bisa lebih dibatasi berinteraksi pihak lain kecuali memang sudah sesuai aturan besuk atau jenguk. Fahri bersama Masinton pada Senin lalu (29/5/2017), mengunjungi Rochmadi di Rutan Polres Jaktim. Mereka menjelaskan kunjungan itu untuk hanya untuk meninjau suasana ruang tahanan, fasilitas, serta pelayanan untuk tahanan.

"Dalam bulan suci Ramadan yang baik ini jalan-jalan ke Polres Jakarta timur untuk melihat suasana di tempat ini, serta pelayanan yang didapatkan saudara kita yang ada di tahanan," ujar Fahri senin lalu.

Artikel terkait: