5 Surga Tersembunyi di Pulau Dewata


Bali selalu menyajikan pesona alam yang memukau sehingga membuatnya jadi tempat tujuan wisata terfavorit di Indonesia. Walaupun banyak wisata alam Bali yang terkenal, tapi ternyata masih ada juga tempat wisata alam yang masih jarang orang tau, hal ini mungkin dikarenakan tempatnya yang terletak jauh di pedalaman atau arena pihak pemerintah setempat belum sanggup mengelola dengan baik. 

Untuk Wisatawan ingin pergi berwisata ke Bali dan mendatangi tempat wisata alam yang masih belum terjamah, dibawah ini ada 5  tempat wisata yang dijuluki sebagai surga tersembunyi karena keindahannya.

1. Desa Pinggan

Melihat Desa Pinggan yang elok pasti membuat semua orang terpesona. Desa yang berada di Kintamani, Bali ini mempunyai daya tarik panorama matahari terbit dan terbenam. Desa tersebut berada di dataran tinggi, akan tetapi wisatawan tak perlu khawatir untuk mendaki karena Desa Pinggan ini mudah dijangkau. 

Apabila ditempuh dari Denpasar, para wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam saja dengan menggunakan kendaraan. Dari puncaknya, wisatawan dapat melihat matahari terbit dan tenggelam, ditambah pemandangan tiga gunung yaitu Gunung Abang, Gunung Agung, dan Gunung Batur. Suasana yang sangat tenang dan menyegarkan ini jika diperhatikan mirip dengan pemandangan yang ada di negeri dongeng.

2. Air Terjun Sekumpul

Air terjun yang terletak di kawasan Buleleng, Bali Utara ini, sangat sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki sekumpulan air terjun yang tersebar lagi di banyak titik. Ada sekitar tujuh air terjun di sini dan dua di antaranya terdapat di bagian depan. Sedangkan lima lainnya posisinya agak jauh di dalam dan tersembunyi, sehingga wisatawan yang datang membutuhkan usaha ekstra agar dapat sampai ke llima air terjun tersebut.

Waktu yang paling baik untuk datang kesini yaitu pukul 06.00-08.00, karena udara paginya yang sejuk ditambah matahari pagi yang indah. Perjalanan menuju Air Terjun Sekumpul ini berkisar dua setengah jam dari Denpasar.

3. Bahari Pemuteran

Berwisata Snorkeling atau diving di Desa Pemuteran, Buleleng, Bali Utara adalah pilihan yang paling tepat untuk para pecinta wisata bahari. Saat wisatawan melakukan snorkeling atau diving, pemandangan yang disajikan dibawah air adalah pura atau candi yang ada di 30-40 meter. 

Pura atau candi inilah yang menjadi rumah bagi terumbu karang dan biota laut lainnya. Selain itu ada juga patung Budha maupun Hindu yang ikut menambah keunikan dari wisata bahari ini. Tetapi untuk mencapai lokasi tadi, wisatawan harus menaiki perahu menuju tengah laut, tempat candi dan pura tersebut berada.

4. Pantai Green Bowl

Selain Bahari Pemuteran ada lagi sebuah pantai tersembunyi di bagian selatan Bali yang diberi nama pantai Green Bowl. Pantai Bowl ini awalnya diberi nama pantai Bali Cliff karena lokasinya  yang berada tepat di Jalan Raya Bali Cliff, Kuta Selatan. Sedang nama Green Bowl dipilih karena terdapat goa kecil yang bentuknya mirip sekali dengan mangkuk yang terbalik, tapi dengan tanaman hijau merambat yang ada di atasnya. 

Wisatawan lokal kurang mengetahui tentang  pantai ini, justru wisatawan asinglah yang menggunakan pantai ini untul berjemur sambil bersantai didepan mulut goa.

5. Goa Rangreng Waterfall

Goa Rangreng Waterfall adalah wisata alam tersembunyi di Gianyar. Wisata alam ini dapat dikategorikan unik, karena disini terdapat sebuah goa dan air terjun yang tidak deras yang bebatuannya sangat eksotis karena dan membuat wisatawan sangat tergoda untuk mengabadikan momennya disin.

Hanya saja bagi yang ingin berjalan diatas bebatuan ini harus ekstra hati2, karena bebatuan tersebut diselimuti oleh lumut yang cukup licin, akan tetapi karena lumut inilah pemandangannya menjadi semakin eksotis.

Semua tempat wisata diatas adalah surga tersembunyi yang ada di pulau Bali.

Artikel terkait: