Sukses Juga Dipengaruhi Oleh Bakat, Bukan Cuma Kompetensi

Bakat Sebagai Penentu Kesuksesan
Berstatus karyawan dengan karier yang lama berkembang, mungkin seseorang jadi sering memimpikan untuk membangun bisnis sendiri untuk lebih sukses. Menurut para pakar, diperlukan bakat supaya yang kita kerjakan sukses dan bisa mendatangkan kebahagiaan.
Masalahnya adalah banya orang yang bingung jika ditanya apa kelebihan atau bakat yang dimilikinya. Jika memang demikian, biasanya orang tersebut akan jadi merasa tidak percaya diri untuk melangkah.

Banyak orang yang tidak mengetahui bakatnya, bahkan ada juga yang sudah berhasil mengubah bakatnya menjadi sumber penghasilan yang pada satu titik juga masih merasakan kebingungan ini. Tapi bedanya, mereka akan dengan cepat mengenali apa kelebihannya.

Tiara Puspita adalah seorang psikolog yang membantu menjelaskan bahwa ada banyak cara mengetahui bakat kita, misalnya dari prestasi yang kita miliki pada satu bidang tertentu.
Lalu bagaimana kalau kita tidak berprestasi? maka coba amati apa pujian orang terhadap diri kita. Contohnya saat kita menganggap diri kita biasa saja, tapi orang disekitar kita sering mengatakan kita ini penolong, murah hati, dan rajin.

Bakat tidak harus selalu berupa keterampilan dalam melakukan hal tertentu, kemampuan membuat orang lain tertawa juga adalah bakat. Intinya, bakat merupakan hal yang dengan mudah kita lakukan sejak kita lahir.

Bakat fotografi dapat dikembangkan untuk menambah penghasilan
Jika orang lain menganggap seseorang sebagai sosok yang mudah memecahkan masalah dan pintar di bidang matematika, maka kemungkinan besar bakat orang tersebut adalah bekerja di bidang yang berkaitan dengan angka.

Kita pun sebenarnya mampu mengenali kelebihan diri sendiri dari aktivitas yang biasa dilakukan di waktu luang atau hari libur. Misalnya jika senang mengikuti kelas kerajinan tangan, komunitas fotografi hal lainnya yang sesuai dengan hobi.


Hal yang membuat seseorang merasa bahagia saat melakukannya dan hasilnya lebih baik dari orang lain bisa jadi merupakan bakat. Ia juga menambahkan bahwa dengan mengetahui kelebihan, dia akan lebih mudah mengembangkannya, dan hal itu bisa membuatnya lebih berani dalam mencoba hal-hal baru.

Artikel terkait:

Sukses Juga Dipengaruhi Oleh Bakat, Bukan Cuma Kompetensi,