Status Waspada di Jatim! ISIS Sudah Menyebar di 16 Daerah Ini

ISIS. Foto: AFP
Penyebaran aksi teror di Indonesia sudah semakin nyata. ISIS yang lahir di Iraq dan berkembang di Suriah telah masuk ke 16 daerah di Jawa Timur. Salah satunya adalah kota Surabaya.

Informasi itu disampaikan oleh Brigjen Hamli selaku Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam bedah buku Bi’dah Ideologi ISIS.

Menurut Hamil, saat ini di berbagai Kabupaten/ kota di Jawa Timur sudah diisi oleh beberapa orang yang berafiliasi dengan ISIS. Saat ini orang-orang tersebut masih berbentuk seperti sel tidur dan bisa berkembang.

“Jadi kegiatannya seperti orang biasa, perlahan bergerak. Nah orang-orang ini tidak bisa ditangkap karena belum ada bukti yang cukup,” ujar Hamli.

Lebih lanjut Brigjen Hamli mengatakan bahwa orang-orang tersebut sudah bergerak menyebarkan radikalisme dan faham-fahamnya.

Penyebaran radikalisme ini sudah masuk ke 16 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. Tentu saja ini sangat mengkhawatirkan untuk jangka panjang karena akan merusak tatanan masyarakat.

“Saat ini yang terdata baru 16, yaitu Trenggalek, Lumajang, Surabaya, Lamongan, Blitar, Jember, Probolinggo, Jombang, Madura, Malang, Tulungagung, Banyuwangi, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, dan Mojokerto,” kata Hamli.

Sebagai upaya pencegahan agar paham radikalisme ini tidak semakin menyebar, pihak BNPT melakukan intervensi kepada orang-orang yang belum terkena. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tangkal terhadap paham radikal tersebut.

“Nah yang sudah kena ini kita lakukan pendekatan-pendekatan supaya kembali ke faham yang ada, yaitu Pancasila,” terangnya.

Sementara itu M. Najih Arromadloni, penulis Buku Bi’dah Ideologi ISIS berharap bukunya bisa membantu meningkatkan kewaspadaan terhadap keberadaan ISIS. Menurut M. Najih Arromadloni, saat ini ISIS tengah menyerang ideologi bangsa Indonesia sekaligus melakukan teror.

“Saya tulis ini bertujuan untuk kontra narasi, yaitu kontra wacana ideologis yang disuarakan oleh ISIS,” ungkap Najih.

Ia melihat ISIS menyebarkan wacana keislaman yang brutal dan kejam. Najih juga beranggapan bahwa ISIS adalah kelompok teroris yang punya agenda politik dengan dibungkus agama.

Artikel terkait:

Penyebaran aksi teror di Indonesia sudah semakin nyata. ISIS yang lahir di Iraq dan berkembang di Suriah telah masuk ke 16 daerah di Jawa Timur. Salah satunya adalah kota Surabaya.