Pisang Sebagai Pendamping ASI

Pada anak balita, terkhusus ketika berusia 6 bulan haruslah mendapatkan makanan pendamping ASI (Air Susu Ibu), dan pilihan sumber bahan makanan pendamping haruslah yang aman dan baik.

Untuk pemilihan sumber bahan Makana Pendamping ASI, anda bisa memilih dari bahan makanan yang diproduksi oleh pertanian organik, hal ini dikarenakan pengolahan bahan makan dari pertanian organik yang baik dan petani sangat membatasi penggunaan zat-zat sintetis seperti pestisida dan pupuk kimia.

Sejalan dengan bahan makanan dari ternak, yang mana penggunaan antibiotika dan hormon pertumbuhannya juga diawasi. "Paparan dari zat-zat negatif terhadap bahan pangan organik ini sangatlah minimal, dan pastinya akan meningkatkan kualitas bahan pangan tersebut", ujar Julistio Djais, dr., SpA(K), Mkes, Dokter Spesialis Anak untuk Bidang Nutrisi dan Penyakit Metabolik.

Satu dari sekian pilihan terbaik yang dapat digunakan sebagai makanan pendamping ASI adalah pisang. Buah ini menjadi salah satu makanan favorit dan memang sangat kaya dengan vitamin. Beberapa faktor yang membuat pisang cocok sebagai MP-ASI yang kaya manfaat adalah kandungan kalium, serat, kalsium, magnesium, fosfor, selenium, dan zatbesinya.

Buah pisang juga kaya akan vitamin A, B2, B6, C, E, B3, B9, dan B5, dan ini sangatlah baik guna mendukung tumbuh kembang bayi anda. Karbohidrat yang ada di dalam buah pisang berupa sukrosa, fruktosa, dan glukosa juga merupakan karbohidrat sederhana yang dapat diubah menjadi energi dengan cepat, sangat sesuai untuk si kecil yang membutuhkan banyak energi untuk pertumbuhannya.

Artikel terkait: