Penyebab Orang Dewasa Mengalami Gangguan Pendengaran

Menurut kutipan dari sebuah kantor berita di India, mengatakan bahwa para ilmuwan menemukan perubahan genetik dapat menyebabkan malformasi rahang yang nantinya dapat memicu cacat pendengaran ketika seseorang telah dewasa.

Studi terbaru ini dilakukan oleh peneliti untuk menemukan alasan adanya perubahan pada pendengaran orang dewasa. Peneliti dari University Of Southern California mengatakan menurut ilmu kesehatan dijelaskan bahwa struktur pendukung rahang ikan leluhur memunculkan tiga tulang kecil di telinga tengah mamalia, salah satunya tulang sanggurdi yang mengirimkan getaran suara.

Oleh sebab itu, apabila ada perubahan genetik yang menyebabkan malformasi rahang ikan maka perubahan genetic yang setara juga dapat memicu cacat pendengaran pada tikus dan manusia. Peneliti tersebut menjelaskan bahwa dua gen - JAG1 dan NOTCH2 – sering melakukan proses mutasi pada pasien dengan sindrom Alagille (AGS).

Hampir setengah dari pasien sindrom Alagille terkena gangguan pendengaran, selain itu juga pada mata, hati, dan rangka cacat. Peneliti juga tengah memperhitungkan tentang pendengaran konduktif, melibatkan komponen-komponen struktural telinga tengah seperti tulang bergetar.

Setelah mengetahui bahwa mutasi genetik yang setara dapat menyebabkan malformasi rahang di zebrafish, ilmuwan tersebut juga diperkenalkan mutasi-mutasi seperti tikus dengan cacat tulang tulang landasan dan tulang sanggurdi, dan gangguan pendengaran.

Artikel terkait:

Para ilmuwan menemukan perubahan genetik dapat menyebabkan malformasi rahang yang nantinya dapat memicu cacat pendengaran ketika seseorang telah dewasa.