Penyakit Tidak Menular Penyebab Banyak Kematian di Indonesia


PTM atau Penyakit Tidak Menular seperti penyakit jantung, penyakit paru kronik, diabetes mellitus dan kanker hingga saat ini tetap menjadi penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

Keadaan ini termasuk masalah yang cukup penting dan menjadi beban dalam pembangunan dan pelayanan kesehatan di Indonesia. "Penyakit Tidak Menular ini mengancam masyarakat terlebih di era modern sekarang ini, gaya hidup yang tidak baik seperti diet yang tidak sehat, merokok, dan malas berolahraga adalah beberapa faktor penyebab tingginya angka PTM di Indonesia", ujar dr. Lily Sulistyowati, MM, Direktur Pencegahan & Pengendalian PTM Kementerian Kesehatan RI, pada saat beliau ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (30/05/2017).



kebanyakan orang tidak menyadari kalau dirinya sudah terkena Penyakit Tidak Menular ini, bahkan di Indonesia tingkat PTM khususnya Diabetes Mellitus tipe 2, Asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) meningkat secara signifikan dan nantinya dapat merugikan negara. Berbagai bentuk pengendalian PTM sudah dilakukan oleh pihak Kementerian Kesehatan, hanya saja upaya tersebut tidak akan langsung berhasil tanpa dukungan Pemerintah, Swasta, Organisasi dan seluruh lapisan masyarakat.

Mengingat pentingnya peran aktif masyarakat dalam mendukung kebijakan Kementerian Kesehatan terkait permasalahan ini, dibuatlah aplikasi digital yaitu CekGulaKU juga program edukasi berkelanjutan SMART Diabetes, kemudian yang kedua yaitu program Initiative for Health Awareness, Liaising, & Empowerment (INHALE) yang ditargetkan dapat menjadi langkah awal penanggulangan penyakit tidak menular khususnya penyakit Asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik.


Artikel terkait: