Mengolah Jamur Tanpa Mengurangi Kandungan Nutrisi di Dalamnya

Proses Memasak yang Tidak Tepat Dapat Merusak Serat dan Kandungan Antioksidan 
Banyak orang yang tidak menyukai jamur karena rasanya, padahal jamur mengandung zat gizi yang penting bagi tubuh. Yang terpenting adalah kita tau bagaimana cara mengolah jamur tanpa mengurangi atau menghilangkan nutrisi di dalamnya.

Jamur tergolong makanan sehat karena memiliki serat yang tinggi, protein, asam amino, vitamin (termasuk B1,B2,B12,C,D, dan E), juga mineral, dan jamur juga rendah lemak dan kalori.

Para ahli dari Spanyol mengatakan komposisi jamur, antioksidan, dan kandungan nutrisinya, mudah rusak seiring proses pemasakan.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Food Science, para peneliti ini menyimpulkan bahwa cara paling sehat untuk mengolah jamur sebagai masakan adalah dengan memanggang atau memasaknya di microwave.

Karena jika digoreng atau direbus, antioksidan dalam jamur akan berkurang secara drastis. Sedang jamur yang digoreng juga kehilangan protein dan karbohidratnya, dan kadar lemaknya juga bertambah.

Salah satu jenis olahan masakan dengan bahan Jamur
Seorang peneliti bernama Irene Roncero, mengatakan bahwa merebus dan menggoreng jamur akan mengurangi kadar protein dan antioksidan yang ada didalamnya. Kemungkinan karena adanya kandungan dalam jamur yang mudah larut di dalam air atau minyak.


Dalam penelitiannya itu, Roncero berserta timnya membandingkan pengaruh berbagai cara masak pada empat macam jamur, yaitu jamur kancing, jamur shiitake, jamur tiram dan jamur tiram raja. Proses memasak yang diteliti antara lain dipanggang, digoreng, direbus serta dimasak dengan menggunakan microwave. Kemudian membandingkan kandungan nutrisi dalam jamur yang mentah dan sesudah dimasak.

Artikel terkait:

Mengolah Jamur Tanpa Mengurangi Kandungan Nutrisi di Dalamnya, Jamur tergolong makanan sehat karena memiliki serat yang tinggi, protein, asam amino, vitamin (termasuk B1,B2,B12,C,D, dan E), juga mineral, dan jamur juga rendah lemak dan kalori.