Melirik Bisnis Jajanan Anak, Usaha Telur Dadar Keliling Murah dan Sehat


Punya bisnis yang sukses itu tidak melulu tentang peluang pasar yang besar. Karena sebenarnya ada banyak sekali bisnis kecil yang sukses dan menghasilkan untung terus meneurs walaupun pangsa pasarnya kecil.  Salah satu bisnis tersebut adalah usaha jualan telur dadar keliling.

Bisnis telur dadar keliling ini sering kita lihat di sekitar sekolah dan menjadi salah satu jajanan pilihan anak sekolah saat ini. Walaupun sudah terlihat ada potensi di bisnis ini, ternyata usaha telur dadar keliling dengan harga murah ini tidak begitu banyak yang mau menjalankannya.

Bila Anda pernah ke Bandung,  Jawa Barat, Anda pasti pernah mendengar kuliner cireng bumbu persib. Jajanan murah seperti ini ternyata bisa mendulang untung yang besar jika dilakukan sistem duplikasi. Nah, tentu saja cara tersebut bisa dilakukan juga pada usaha telur dadar keliling sehingga bisa menjangkau lebih banyak orang.

Tertarik dengan bisnis ini? Mari baca terus ulasannya.

Lihat juga: 20+ Ide Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Perencanaan Usaha Telur Dadar Keliling

Hal pertama dan terpenting ketika ingin menjalankan bisnis ini adalah resep telur dadar yang lezat dan cocok sebagai camilan anak-anak, dan orang dewasa. Para penjual jajanan murah meriah ini biasanya menggunakan telur ayam yang sudah dibuat adonan bersama dengan tepung terigu.Tidak jarang penjual juga menggunakan telur puyuh sebagai bahan utamanya.

Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat telur dadar keliling ini. Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan seperti telur, tepung terigu, telur puyuh, garam, mentega, penyedap rasa, dan tidak lupa saos sambal.

Setelah itu, campurkan bahan-bahan tersebut dengan porsi yang pas atau sesuai dengan keingian konsumen. Terkadang ada juga penjual yang memberikan kesempatan pada konsumennya untuk membuat adonan sendiri dan memasak sendiri. Ini membuat usaha telur dadar keliling tersebut menjadi interaktif.

Selain bahan yang berkualitas baik, Anda juga harus memperhatikan kebersihan peralatan untuk menggoreng telur dadar tersebut. Kebersihan bahan makanan dan juga peralatan memasak adalah salah satu faktor penting keberhasilan di bisnis ini.

Lihat juga: 4 Contoh Usaha Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan Ibu Rumah Tangga

Duplikasi Bisnis Jajanan Anak

Sebenarnya cukup banyak yang meremehkan bisnis jajanan anak. Alasannya mungkin karena keuntungannya tidak besar. Namun, bila dijalankan dengan benar dan tersistem maka bisnis jajanan anak ini bisa menghasilkan untung yang besar.

Keuntungan bersih dari bisnis telur dadar keliling ini bisa mencapai Rp 150.000 per hari. Bila dikalikan 20 hari maka keuntungan bersih yang akan didapatkan adalah sekitar Rp3 juta. Ini dari satu gerobak bisnis saja.

Bagaimana kalau Anda punya 3 atau 5 gerobak bisnis telur dadar keliling. Keuntungan bisa mencapai Rp 9juta lebih dalam sebulan. Tentunya ini merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan bukan.

Bila Anda ingin menduplikasi bisnis ini, maka yang paling penting diketahu oleh karyawan Anda adalah menjaga kualitas produk dan juga kebersihan. Selain itu, karyawan juga harus dibimbing untuk berjualan dengan baik dan memberikan pelayanan yang baik karena konsumen bisnis ini adalah anak-anak.

Artikel terkait: