KBRI: Bagi WNI Hindari Kawasan London Bridge, Borough Market, dan Vauxhall

London Bridge (REUTERS/Toby Melville)
Pada hari Minggu (4/6) pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) memberikan himbauan kepada warga negara Indonesia yang ada di Inggris agar tidak berada di kawasan London Bridge, Borough Market, dan Vauxhall. Tempat tersebut adalah lokasi terjadinya insiden penabrakan dan penikaman.

"Pihak kepolisian (Metropolitan Police) sedang menangani insiden tersebut dan meminta masyarakat untuk menghindari area-area dimaksud," demikian bunyi pengumuman disampaikan oleh KBRI London melalui situs resminya, Minggu (4/6).

Pemerintah RI, melalui KBRI London, masih terus memantau perkembangan situasi insiden tersebut dan berkordinasi dengan pihak kepolisian setempat.

Baca juga: Insiden di London Bridge Menewaskan 6 Orang

Pihak KBRI London juga meminta agar semua warga negara Indonesia yang tengah berada di Inggris, khususnya London agar meningkatkan kewaspadaan. 

Selain itu, KBRI London juga memberikan nomor "hotline" untuk kontak jika ada informasi mengenai warga negara Indonesia yang menjadi korban atau bermasalah dengan insiden London Bridge.

Pihak kepolisian setempat mengatakan kejadian serangan mobil van dan penusukan di kawasan London Bridge tersebut telah mengakibatkan tewasnya enam orang warga sipil. Selain itu, polisi London juga telah menembak mati tiga orang tersangka.

“Pada tahap ini, kami percaya enam orang telah meninggal dan tiga penyerang telah ditembak mati oleh polisi,” kata asisten komisaris Mark Rowley seperti diberitakan AFP.

Menurut situs Reuters, setidaknya ada 30 orang telah dilarikan ke beberapa rumah sakit di London akibat cedera serius akibat serangan van yang disertai penusukan, pada Sabtu (3/6).

“Kami saat ini telah merawat lebih dari 30 pasien dan mengantar mereka ke lima rumah sakit di sekitar London setelah insiden di London Bridge. Sejumlah pasien lainnya telah diberikan perawatan di lokasi kejadian karena cedera ringan,” kata asisten direktur London Ambulance Service, Peter Rhodes.

Artikel terkait: