Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kita Tidak lagi Rutin Berolahraga

Dampak Negatif Menghentikan Olahraga yang Tadinya Rutin
Meskipun berolahraga telah menjadi kebiasaan rutin kita, tapi ada momen dimana kita terpaksa tidak melakukan kegiatan yang menyehatkan tubuh ini. Entah disebabkan cedera, tidak sempat karena sibuk, atau saat terserang penyakit.

Kadang kala para atlet juga mengalami periode di mana mereka tidak dapat berlatih. Akan tetapi, sebenarnya berapa lama jeda yang diperbolehkan supaya tidak terjadi perubahan pada tubuh?

sistem pembuluh darah dan jantung adalah bagian tubuh yang pertama kali mengalami dampak dari cuti olahraga. Ketika berhenti melakukan latihan kardio selama 10-12 hari, volume detak, kapasitas olahraga dan output jantung bisa langsung menurun. Standar konsumsi oksigen juga akan menurun hinggai 20 persen dalam dua minggu.

Efeknya jelas terasa saat memulai berolahraga lagi. Hasil riset tersebut menunjukkan, penurunan standar penggunaan oksigen akan mencapai level dasar jika 8 minggu tidak rutin olahraga.

Sedangkan untuk atlet, penurunannya hingga 25 persen bila ada jeda 3 minggu dalam berolahraga. Jumlah tersebut jelas sangat memberatkan untuk mereka yang ingin mengikuti kompetisi olahraga.

Penurunan massa otot terjadi saat berhenti berolahraga rutin
Penurunan massa otot juga terjadi setelah 3 minggu jeda latihan beban, Sedangkan pada atlet, perubahan terjadi setelah 4 minggu, kecuali kalau mereka sedang butuh kekuatan dan koordinasi yang kuat, penurunannya terjadi dalam 2 minggu.


Banyak orang yang mengatakan bahwa saat kita berhenti berolahraga, bukan otot yang hilang, tetapi air dan cadangan energi di otot (glikogen). Kadar glikogen memang turun hingga 50 persen dalam jenjang waktu dua minggu. Dan dalam waktu 3 minggu juga terjadi penurunan massa otot hingga 1,5 pound karena berkurangnya air di dalam tubuh.

Walaupun otot terlihat lebih kecil, namun kenyataannya hal tersebut terjadi karena berkurangnya cairan dari dalam tubuh. Dan faktor usia juga sangat berpengaruh dalam mengukur seberapa banyak otot yang berkurang atau hilang, semakin tua usia maka semakin cepat juga penurunannya.

Artikel terkait:

dampak negatif Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kita Tidak lagi Rutin Berolahraga