Ini Cara Mencari NISN Secara Online, Mudah dan Praktis


Mungkin saat ini Anda sendang mencari informasi cara mencari NISN Siswa (Peserta Didik ) SD, SMP, SMA secara Online di Internet. Di artikel ini akan dibahas secara mendetail bagaimana cara mengecek NISN berdasarkan nama dan/atau berdasarkan sekolah.

Nomor Induk Siswa Nasional atau yang sering disingkat NISN adalah layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas. Ini merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud ).

Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik ( NISN terdiri dari 10 digit ), standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia.

Setiap NISN adalah unik karena 3 digit nomor awal merupakan tahun lahir siswa yang bersangkutan. Misalnya tahun lahir siswa adalah tahun 2004 maka 3 digit awalnya NISNnya yaitu 004 dan 7 digit kode unik di belakangnya. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN.

Jika NISN atau data siswa sudah diinput secara benar di aplikasi dapodik maka data-data akan ditampilkan, namun jika NISN tidak tampil ada beberapa penyebab.

Cara Mencari NISN Secara Online

Langkah pertama cara mencari NISN adalah dengan berkunjung ke website http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Pada website tersebut, Anda akan dipandu untuk mencari NISN atau Data Siswa lewat internet.

Ada dua pilihan menu Cara mencari NISN Data Siswa online, yaitu:

1. Cara mencari berdasarkan NISN untuk melihat Data Siswa, dengan cara memasukkan NISN siswa.

Mencari Data Siswa berdasarkan NISN

2. Cara mencari berdasarkan Nama untuk melihat NISN, dengan memasukkan nama siswa, tempat dan tanggal lahir (format: tanggal/bulan/tahun) misalnya: 01/12/2000

Mencari NISN berdasarkan nama

Cara Cek NISN Online via Aplikasi Android

Sekarang pencarian online semakin mudah dilakukan dengan bantuan aplikasi android Cek NISN. Aplikasi Android ini berguna untuk Cek NISN Siswa yang sudah ada di Database web NISN tersebut.

Artinya, data yang ditampilkan adalah data yang valid dan sesuai yang ada di website resmi Kemendikbud. Aplikasi ini dapat diunduh pada Play.Google.com

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk Cek NISN Siswa menggunakan aplikasi ini, yaitu:

  1. Dengan cara mengetik Nomor NISN Siswa
  2. Dengan cara Scan QR Code yang ada di kartu NISN Siswa
  3. Dengan cara mengetik Nama Siswa


Jika ternyata NISN dan Data Siswa online tidak ditemukan, maka kemungkinan data tersebut belum diinput, masih diproses, atau terjadi kesalahan saat memasukkan data.

Artikel terkait: