Ini 7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir oleh Pemerintah


Akunews.com - Internet memang diciptakan agar akses informasi di seluruh dunia menjadi bebas dan terbuka. Sayangnya beberapa negara di dunia menerapkan larangan atau memblokir situs-situs tertentu agar tidak bisa dibuka.

Dengan melakukan sensor, pemerintah membatasi warganya untuk mendapatkan akses ke situs-situs tertentu. Banyak orang yang menganggap aksi memblokir situs tertentu yang dilakukan oleh pemerintah bisa merugikan, tapi ada juga yang menganggap bahwa memblokir situs berbahaya justru baik.

Nah, bagi Anda yang ingin membuka situs-situs yang telah diblokir oleh pemerintah karena dianggap berbahaya, ada cara mudah untuk membukanya.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah

Dikutip dari situs  Techworm, berikut ini adalah cara membuka situs yang diblokir oleh pemerintah, khususnya beberapa layanan seperti Telkom, AHA, Nawala, Internet postif, dan filter-filter lainya dari instansi tertentu.

1. Menggunakan Alamat IP

Biasanya situs yang diblokir disimpan sebagai daftar URL. Pada banyak kasus, kita bisa membuka situs yang diblokir dengan cara mengakses alamat IP website tersebut. Namun, jika si pemilik website tersebut menyembunyikan alamat IP nya maka kita tidak bisa membuat situs tersebut dengan cara ini.

Untuk mengetahui alamat IP sebuah situs caranya adalah
  • Masuk ke command prompt (Start > Run > ketik: cmd > Enter) 
  • Ketik ping nama_situs.com lalu tekan enter. Maka akan muncul alamat IP situs tersebut.
2. Menggunakan VPN

Ini adalah cara termudah unutk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Gunakan layanan VPN yang memungkinkan Anda bisa melewati trafik internet melalui koneksi yang dienkripsi. Sayangnya biasanya layanan VPN ini berbayar dan tidak semua orang mau menggunakannya.

Ada banyak layanan VPN yang bisa Anda gunakan, salah satu layanan VPS yang terbaik adalah aplikasi Opera VPN di Android dan iOS.

Lihat juga: Cara Download Video YouTube Tanpa Software

3. Menggunakan Layanan DNS

Sebagian website bekerja melalui DNS. Dengan mengganti DNS server di komputer atau router, maka kita bisa memasuki jaringan yang luas..

Saat Anda membuka situs yang diblokir, server DNS akan mengarahkan trafik melalui tunnel. Artinya, remote server akan mengira kalau kamu mengaksesnya dari negara yang diperbolehkan untuk membuka situs.

4. Menggunakan Google Cache

Anda bisa menggunakan cache dari Google untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Algoritma Google bisa menyimpan cache sebuah website yang memungkinan kita melihat data sebuah website cache, bahkan ketika website tersebut diblokir.

Yang harus dilakukan adalah;
  • Ketik alamat website yang ingin di buka di kolom pencarian Google, lalu klik enter
  • Hasil pencarian Google akan muncul. Perhatikan tanda panah menghadap ke bawah, klik tanda panah tersebut lalu pilih cache untuk membuka website tersebut.
5. Menggunakan Browser Opera

Opera adalah browser pertama yang dilengkapi dengan built-in VPN. Selain itu, browser Opera juga menyediakan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini langsung dari address bar Opera.

Fitur ini bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir, dan juga bisa membantu melindungi browser saat menggunakan internet Wifi publik.

6. Memanfaatkan Add Ons (pengaya browser Mozilla Firefox) yaitu “anonymox”

Add ons ini bisa didapatkan di sini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/anonymox/. Buka url nya kemudia pilih Install dan restart Firefox. Setelah itu Anda bebas berselancar kembali.

7. Menggunakan Free Web Proxy

Ini adalah cara yang sangat mudah untuk membuka situs yang diblokir, Anda hanya perlu menggunakan situs proxy gratis berikut ini:
  • http://www.hidemyass.com/
  • http://www.wujie.net/
  • http://www.ultrareach.net/
  • http://www.brawl-hall.com/pages/proxy.php
  • http://www.proxify.net/
  • http://flyproxy.com/
  • http://alienproxy.com/
  • http://proxify.com/
  • http://www.browser-x.com/
  • http://www.spysurfing.com/
  • http://www.guardster.com/free/
  • http://www.anonymizer.com/
  • http://ndparking.com/surfshield.net
  • http://www.unipeak.com/
Masukkan URL website yang diblokir pemerintah di bagian kolom tersedia di situs proxy gratis tadi. Lalu klik enter untuk mulai menggunakan web proxy. Layanan ini memiliki kelemahan, yaitu akses ke situs tersebut menjadi lebih lambat.

Nah di atas tadi adalah tujuh cara untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah, baik itu ISP Telkom, AHA, Nawala, Internet postif, dan filter-filter lainya dari instansi tertentu. Gunakan informasi ini dengan bijak ya, dan selalu dukung kampanye internet sehat bagi masyarakat Indonesia.

Artikel terkait:

bagi Anda yang ingin membuka situs-situs yang telah diblokir oleh pemerintah karena dianggap berbahaya, ada cara mudah untuk membukanya.