John McCain: Presiden Rusia Vladimir Putin Adalah Ancaman

John McCain, Senator Veteran Amerika Serikat
CJohn McCain Senator veteran AS mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan ancaman yang lebih berbahaya bagi keamanan dunia apabila dibandingkan dengan kelompok ISIS.

McCain merupakan satu dari sekian banyak kritikus Trump di dalam Partai Republik, partai yang mengusungnya sebagai calon presiden pada pilpres Amerika kemarin, McCain menduga adanya campur tangan Rusia dalam pemilu dan itu termasuk ancaman bagi demokrasi.

Kepada Australian Broadcasting Corporation, McCain mengatakan "Vladimir Putin adalah ancaman utama, bahkan lebih dari ISIS". Menurutnya ISIS memang melakukan hal yang sangat mengerikan, tetapi orang-orang Rusia yang sedang dan telah mencoba menghancurkan demokrasi, dasar negara dan sistem pemilu.

Meski sulit membuktian perkataannya McCain meyikini bahwa Vladimir Putin juga mencoba mempengaruhi hasil pemilu Prancis. "Vladimir Putin, telah memecah belah Ukraina, sebuah negara berdaulat, dan memberi tekanan terhadap negara-negara Baltik.

Ucapan McCain ini muncul bersamaan dengan tim Trump yang terlibat kontroversi terkait hubungan mereka dengan Moskow, yang menurut badan intelijen AS mencoba memengaruhi pemilu November lalu ketika mereka mendukung Trump.

Investigasi tentang campur tangan Rusia ini sedang dilakukan di bawah pimpinan Robert Mueller, mantan direktur FBI yang telah diberi wewenang khusus dan dihormati.

Artikel terkait: