Apa Saja Yang Dikerjaan Otak Pada Saat Kita Tidur?

Otak Bekerja Bahkan Saat Kita Tidur 
Tidur merupakan yang paling diperlukan oleh manusia selain makan. Beristirahat yang cukup dapat membuat mood seseorang cenderung stabil dan dapat menghasilkan energi positif. Menurut banyak penelitian yang ada di seluruh dunia, kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan otak. Tapi sebetulnya apa saja yang dikerjakan otak pada saat kita tidur? Mari sedikit kita ulas.

1. Otak membuat keputusan
Otak membantu membuat keputusan bahkan kita tidur
Akhir-akhir ini ada penelitian yang telah dipublikasihan oleh Current Biology yang menjelaskan bahwa otak manusia dapat mengolah informasi secara efektif dan membuat keputusan dari alam bawah sadar manusin. Kemudian menstimulus otak untuk mempermudah seseorang mengambil keputusan pada saat sudah terbangun nanti.
Penelitian ini menunjukkan bahwa otak manusia tetap bekerja bahkan saat sedang tidur, alat pemantau yang dipergunakan saat penelitian ini menunjukan adanya rangsangan pada otak untuk setiap kata yang didengar ketika tidur. Hanya saja saat terbangun kita tidak akan mengingat kata-kata yang didengar tadi.

2. Otak membangun dan memperkuat ingatan
Otak membangun dan memperkuat ingatan saat tidur
Ketika seseorang tidur, otak akan membangun ingatan baru kemudian memperkuat ingatan sebelumnya, lalu menghubungkan ingatan baru dengan ingatan yang sebelumnya. Peneliti mengatakan ada baiknya seseorang mempelajari tentang sesuatu sebelum tidur, karena hal ini dapat membantu otak dalam menyusun ingatan, sedangkan jika tidak tidur justru mengurangi hingga 40 persen.

3. Otak merangsang kreatifitas
Tidur berkualitas akan membantu kreatifitas saat bangun
Tidur yang berkualitas diyakini mendorong tingkat kreatifitas. Pada tahun 2007, studi Universitas California di Berkeley menyimpulkan setelah bangun tidur, ada 33 persen orang yang mampu menciptakan ide baru yang sebelumnya belum terpikirkan.

4. Otak bekerja menghapus racun
Kurang tidur beresiko terkena penyakit neurodegenerative
Tujuan utama dari tidur adalah memberikan waktu pada otak untuk beristirahat sambil melakukan pembenahan. Ilmuwan di University of Rochester juga menemukan, otak pada tikus yang bekerja membersihkan molekul rusak pada saat tikus tersebut tidur, tujuannya adalah untuk mencegah gangguan neurodegenerative.
Tidur kurang berkualitas dan jam tidur yang kurang dari cukup akan membuat otak tidak punya waktu untuk  pembersihan. Dan itu meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit neurodegenerative seperti parkinson dan alzheimer.

5. Mengingat segala aktivitas fisik
Tidur mempengaruhi segala aktifitas fisik
Otak menyimpan semua informasi pada saat tidur. Hal ini juga lah yang membuat seseorang sanggup untuk mengingat semua gerakan motorik seperti mengemudi, menari, dan gerakan-gerakan berolahraga. Dan ini membuat setiap orang dapat melakukan aktifitas fisik yang pernah dilakukan sebelumnya.

Artikel terkait:

Otak bekerja membangun dan memperkuat ingatan pada saat Tidur