Amien Rais: KPK itu Busuk, Tapi Hebat

Amien Rain (Antara Foto/Regina Safri)
Mantan ketua pembina PAN, Amien Rais mengakui bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah lembaga yang hebat tapi belakangan ini menjadi busuk. Menurutnya KPK sudah melakukan diskriminasi dalam hal penegakan hukum.

"Saya merasa dari masa ke masa KPK itu hebat, tapi semakin busuk," kata Amien setelah bertemu Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/6).

Menurut Amien kebusukan KPK sudah terlihat dari beberapa kasus yang sedang bergulir saat ini. Amien menyebutkan bahwa KPK tidak berani mengusut beberapa kasus korupsi besar seperti kasus korupsi bank Century, BLBI, RS Sumber Waras, hinga proyek reklamasi di teluk Jakarta.

Baca juga: Amin Rais Terseret Dalam Korupsi Alkes, PAN Sebut Ini Soal Reklamasi

Amien Rais juga mengatakan KPK lebih mengutamakan mengusut kasus-kasus kecil. Sedangkan seharusnya penanganan kasus korupsi tidak boleh tebang pilih, harus adil.

Salah satu yang menurut Amien menjadi kebusukan KPK adalah tudingan terhadap beberapa pihak yang mengkritik kinerja KPL, salah satunya adalah dirinya. Amin Rais mengatakan tudingan dirinya melakukan korupsi oleh KPK merupakan bentuk diskriminasi.

“Saya melihat KPK terjadi pembusukan. Super diskriminatif,” ujarnya.

Kedatangan Amien Rais ke DPR adalah untuk membahas pengiriman anggota Fraksi PAN ke dalam pansus angket terhadap KPK. Melalui pansus angket, Amien Rais berharap kebusukan dan kepalsuan di tubuh KPK dapat diungkap.

“Saya melihat ada kepalsuan dan kebusukan. Ini tesis saya. Kami buktikan lewat pansus angket yang hampir semua fraksi sudah ikut,” kata Amien.

Lebih lanjut Amien juga mengatakan siap menerima kenyataan jika memang tuduhannya terhadap KPK ternyata keliru. Pasalnya, Amien mengklaim bahwa dirinya adalah korban yang ikut terseret di dalam kasus korupsi Alkes.

Dan jika tudingannya tentang kebusukan di tubuh KPK terbukti benar, Amien meminta agar dilakukan pembenahan terhadap KPK secara konstitusional. Amien Rais mengatakan masalah pemebenahan itu nantinya bisa dilakukan oleh DPR selaku pihak yang membentuk KPK.

Selama beberapa waktu ke depan, Amien Rais akan fokus mengawasi proses pansus angket KPK hingga selesai. Pendiri parti PAN ini mengatakan bahwa dirinya tidak ingin ada permainan dalam pansus angket KPK.

Artikel terkait:

Mantan ketua pembina PAN, Amien Rais mengakui bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah lembaga yang hebat tapi belakangan ini menjadi busuk.