Elon Musk dan Akio Toyoda Akhiri Kerjasama Tesla dan Toyota


Elon Musk dan Aiko Toyoda
Perusahaan otomotif terkemuka Toyota, telah mengkonfirmasi bahwa mereka menjual semua saham mereka yang ada di Tesla. Tesla adalah produsen mobil milik Elon Musk, perusahaan ini dianggap lambat perkembangannya.

Meski hanya memiliki 3 persen saham Tesla pada 2010, nilai jual saat itu adalah 50 juta US dollar. Sebagian dari tersebut sudah terjual pada 2014 senilai 700 juta dollar AS, kemudian sisanya diselesaikan pada akhir 2016 lalu.

Kerja sama antara kedua brand otomotif ini baru berakhir beberapa saat yang lalu. Dan tidak ada pembuatan produk baru ke depannya, mereka sepakat untuk untuk menjual semua saham yang tersisa, kira-kira seperti itulah yang disampaikan Ryo Sakai, juru bicara Toyota.

Toyota RAV4 EV
Sebelumnya, Toyota juga telah menjalin kerjasama dengan target keuntungan bagi kedua pihak. Toyota mendapatkan dana untuk mengembangkan RAV4 EV pada 2011, sedang Tesla sendiri terhindar dari kebangkrutan melalui dana yang diberikan Toyota.

Meskipun kerjasama ini berakhir, tidak berarti pihak Toyota kehabisan ide atau rendana, pasalnya raksasa asal Jepang ini tengah mengembangkan teknologi hydrogen fuel-cell yang nantinya diperkenalkan melalui produknya yang diberinama Mirai. 

Proyek besar yang dipimpin langsung oleh Presiden Toyota, Akio Toyoda. Dan proyek “EV Business Planning Department” inilah yang diduga menjadi faktor utama disudahinya kerjasama antara pihak Tesla dan Toyota.

Artikel terkait:

Perusahaan otomotif terkemuka Toyota, telah mengkonfirmasi bahwa mereka menjual semua saham mereka yang ada di Tesla.