5 Tips Menjaga Keamanan Rumah Pada Saat Ditinggal Pulang ke Kampung Halaman

Pastikan Rumah Aman Pada Saat Ditinggal Mudik
Mudik merupakan tradisi tahunan yang rutin dilakukan para perantau mahasiswa maupun pekerja yang ada  di kota-kota besar. Namun sering kali momen ini dimanfaatkan oleh pencuri untuk melakukan aksinya dirumah yang ditinggalkan para pemudik. Pencuri pada umumnya mengincar rumah kosong yang lingkungan sekitarnya juga terlihat sepi atau yang ditinggal juga oleh penghuni lainnya untuk mudik.
Nah supaya kediamanmu tetap aman ketika ditinggal mudik, ini adalah beberapa saran yang mungkin bisa membantu.

1. Menyimpan barang berharga dengan baik
Barang berharga sebaiknya disimpan dengan aman
Saat hendak mudik, usahakan barang-barang berharga sudah disimpan sebaik-baiknya dan dipastikan penyimpanannya sudah sangat aman. Bisa juga dititipkan kepada orang terdekat yang kebetulan tidak mudik atau bisa juga barang berharga tersebut ikut dibawa mudik, apabila memang memungkinkan.

2. Memastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan baik
Memastikan pintu terkunci dengan baik saat ditinggal mudik
Wajib bagi para pemudik untuk memastikan seluruh pintu dan jendela rumah nantinya dapat terkunci dengan baik pada saat mudik, dan membiasakan diri untuk memeriksa kondisi kunci apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, agar penguncian pintu, jendela, pagar atau akses masuk lainnya tetap optimal.

3. Pasang CCTV jika diperlukan
Memasang CCTV dirumah jika perlu
Jika dana yang mencukupi, tidak ada salahnya membeli peralatan CCTV atau lensa pemantau. Alat ini dapat disambungkan dengan alat perekam televisi biasa. Kita bisa memeriksa dan memutar ulang rekaman untuk melihat suasana rumah selama beberapa hari kita mudik.

Jika memang harganya terlalu mahal, saat ini juga sudah dijual lensa pemantau dengan harganya murah tapi kondisinya masih baik. Atau kita bisa memasang kamera yang sudah rusak hanya untuk menakuti calon pencuri.

4. Menaruh alas kaki di depan pintu
Mengecoh calon pencuri dengan alas kaki
Sandal atau sepatu yang sengaja diletakkan didepan pintu rumah atau kamar yang ditinggal bisa saja menjadi alat pengecoh pencuri. Membuat seolah-olah masih ada penghuni yang tinggal didalamnya. Tapi jangan letakkan alas kaki yang mahal atau kondisinya masih bagus, karena bisa saja justru alat pengecoh ini yang langsung dicuri.

5. Membiarkan lampu tetap menyala
Memasang fitting lampu otomatis saat mudik
Sama seperti menaruh alas kaki didepan rumah, hanya saja cara ini punya kelemahan. Ketika lampu menyala di siang hari justru pencuri mengetahui bahwa rumah tersebut tidak berpenghuni.

Tapi saat ini sudah ada alat sensor yang dapat dipasang pada lampu yang akan langsung mematikan lampu ketika sudah ada sinar matahari, sensor ini merespon sinar dari matahari dan akan langsung mematikan lampu tersebut. Dan lampu akan kembali menyala secara otomatis ketika sensor tersebut tidak lagi merespon sinar matahari.

Artikel terkait:

Tips Untuk Rumah Aman Pada Saat Ditinggal Pulang ke Kampung Halaman atau Mudik