5 Peluang Bisnis Minuman Terlaris Saat Bulan Ramadan

Es Buah/ Sop Buah
Saat bulan puasa, salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh umat muslim adalah rasa haus yang teramat sangat. Ketika waktu berbuka puasa, dapat dipastikan bahwa yang pertamakali dilakukan adalah minum.

Jenis minuman ada banyak sekali, namun yang terbaik untuk berbuka puasa adalah air mineral. Setelah itu, minuman jenis lain tentunya sangat baik untuk dikonsumsi, misalnya minuman segar yang mengandung gula dengan rasa yang segar.

Tingginya permintaan masyarakat akan minuman di bulan puasa ternyata membuka peluang bisnis yang menjanjikan. Tak heran bila setiap bulan puasa maka para penjual aneka ragam minuman akan mudah kita jumpai setiap harinya.

Lalu peluang bisnis minuman apa saja yang paling laris di bulan ramadan? Berikut ini ulasannya.

1. Bisnis Minuman Es Buah/ Sop Buah

Bisnis minuman es buah/ sop buah dipastikan akan mendapat banyak konsumen saat bulan Ramadan, terutama saat berbuka puasa. Rasa yang enak dan menyegarkan adalah alasan mengapa banyak orang memilih es buah saat berbuka.

Ada beberapa bahan es buah/ sop buah yang disukai para konsumen, diantaranya: buah apel, melon, nangka, semangka, alpukat, blewah, kelapa muda, dan strawberry. Mungkin masih ada beberapa buah lainnya yang ditambahkan di dalam es buah tersebut.

Banyaknya jenis buah membuat pilihan untuk bisnis ini cukup mudah. Selain itu, bahan lainnya untuk bisnis ini adalah parutan es dan taburan susu kental manis. Untuk harga satu pori es buah biasanya beragam, namun rentang harga dikisaran Rp5.000 s.d Rp10.000, tergantun penjualnya.

Baca juga: 20+ Ide Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

2. Bisnis Minuman Es Campur

Selain es buah, es campur juga merupakan jenis minuman yang sering dinikmati saat bulan ramadan. Minuman segar khas Indonesia ini cukup mudah dibuat dan rasanya enak dan segar.

Proses pembuatannya sendiri adalah mencampur beberapa jenis buah dengan parutan atau es batu, lalu ditambahkan sirup. Tingkat rasa manis bisa disesuaikan dengan selera sendiri.

Menjalankan bisnis minuman es campur bisa menjadi sebuah alternatif peluang usaha yang cukup menjanjikan. Bisa dijalankan secara musiman ataupun menjadi bisnis yang berlanjut.

Bisnis ini bisa dijalankan dengan menggunakan gerobak khusus. Mungkin ada beberapa orang yang bingungn apa bedanya es campur dengan sop buah. Perbedaannya adalah pada jumlah dan variasi buahnya, es campur biasanya hanya terdapat sedikit buah.

3. Bisnis Minuman Es Doger

Bisnis minuman selanjutnya yang cukup banyak digemari ketika di bulan ramadan adalah minuman es doger. Jenis minuman ini terdiri dari beberapa bahan utama, diantaranya tape singkong, alpukat, roti tawar, susu kental, sirup, santan, dan garam secukupnya.

Saat ini es doger sudah bisa didapatkan dalam kemasan praktis, misalnya gelas plastik. Biasanya harga satu porsi es doger tidak mahal, ada di kisaran Rp5.000 s.d Rp10.000.

Bagi yang saat ini menjalankan peluang usaha minuman es doger, bisa menambah stok dagangan pada saat bulan ramadan. Biasanya permintaan minuman es doger akan melonjak tinggi di bulan ramadan.

4. Usaha Minuman Es Kelapa Muda

Berikutnya, peluang usaha minuman yang laris manis di bulan ramadan adalah usaha minuma es kelapa. Sebenarnya bukan hanya saat bulan ramadan saja es kelapa dilirik para pembeli. Tapi memang permintaan akan minuman es kelapa meningkat tinggi saat bulan puasa seperti sekarang ini.

Penyajian minuman es kelapa bisa disuguhkan dengan menambahkan gula aren ke dalamnya. Namun, kebanyakan orang lebih suka rasa asli dari air kelapa yang ditambahkan es batu ke dalamnya. Bisa juga disuguhkan dalam bentuk parutan isi kelapa beserta airnya, tergantung permintaan dari konsumen.

Walaupun bisnis ini sudah cukup jamak ditemukan, tapi ternyata cukup banyak masyarakat yang memanfaatkan momen ramadan dan menjalankan bisnis ini secara musiman.

5. Minuman Es Cappuccino

Bisnis minuman berikutnya yang laris di bulan puasa adalah usaha minuman es cappucino. Minuman ini adalah campuran serbuk cappucino, air, dan es batu, semuanya diblender menjadi satu dan menjadi minuman yang menyegarkan.

Saat ini bisnis es cappucino cukup mudah ditemukan, terutama di perkotaan. Dan biasanya bisnis es cappucino akan diserbu para konsumen setiap akan berbuka puasa. Bahkan ada beberapa konsumen yang sudah booking tempat dan memesan minuman ini jauh sebelum waktu berbuka puasa.

Di atas tadi adalah lima peluang bisnis minuman  yang laris manis di bulan Ramadan. Mungkin Anda ingin mencoba menjalankan salah satunya.

Artikel terkait:

Tingginya permintaan masyarakat akan minuman di bulan puasa ternyata membuka peluang bisnis yang menjanjikan. Tak heran bila setiap bulan puasa maka para penjual aneka ragam minuman akan mudah kita jumpai setiap harinya.