4 Contoh Usaha Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan Ibu Rumah Tangga

Banyak ibu rumah tangga yang ingin punya bisnis sendiri dan mencari contoh usaha modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah. Kebanyakan ibu rumah tangga ingin membantu perekonomian keluarganya dengan menjalankan bisnis dari rumah dengan modal yang pas-pasan.

Untuk menjadi pebisnis memang tidak bisa terjadi begitu saja, ada proses yang panjang. Semakin cepat kita memulai maka akan semakin cepat proses meraih sukses bisa didapatkan. Ada banyak contoh usaha dengan modal kecil di sekitar kita, yang perlu dilakukan adalah menemukan yang cocok untuk kita dan mulai melakukannya.

Berikut ini adalah empat contoh usaha modal kecil yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga.

1. Menjalankan Usaha Katering

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang menyukai dunia kuliner sekaligus dunia bisnis. Walaupun untuk menjalankannya tidak muda di awal, tapi potensi keuntungan dari bisnis katering sangat menggiurkan.

Usaha katering banyak kita temuka, baik itu di desa maupun di kota. Bisnis ini lari manis diserbu oleh banyak konsumen. Beberapa konsumen yang sering menggunakan jasa katering adalah kegiatan pesta pernikahan, acara arisan, acara ramah tamah di kantor, acara keluarga, dan lain- sebagainya.

Bagi para pemula mungkin di awal akan merasa kesulitan untuk menjalankannya. Namun, bila konsisten mau berusaha di bisnis katering maka peluang untuk berhasil ada di depan mata.

Lihat juga: 20+ Ide Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

2. Menjalankan Bisnis Jualan Es Batu

Bisnis jual es batu terkesan remeh bagi banyak orang. Tapi faktanya bisnis ini cukup menjanjikan dan keuntungannya sangat besar bila sudah punya konsumen tetap.

Ibu rumah tangga yang memiliki kulkas atau freezer di rumah, ini bisa menjadi modal awal yang sangat baik. Menjual es batu dalam partai kecil, mungkin keuntungannya tidak terlalu besar. Tapi setidaknya ibu rumah tangga punya penghasilan sendiri tanpa harus meninggalkan keluarga.

Jika ingin meningkatkan keuntungan maka bisnis jual es batu ini bisa ditingkatkan. Menambah suplai es batu, menambah konsumen, dan juga meningkatkan layanan. Bisnis ini bisa berkembang karena target marketnya cukup luas, mulai dari pasokan ke pebisnis minuman segar, bisnis makanan beku, hingga rumah tangga.

3. Menjual Jasa Menulis Artikel

Profesi penulis artikel sudah menjadi profesi yang menguntungkan saat ini. Bila ibu memiliki anak, bisnis ini bisa dijalankan dari rumah saja tanpa harus meninggalkan si kecil. Selain mudah, bisnis menjual jasa menulis artikel juga hampir tanpa modal, kecil sekali modalnya.

Untuk menjalankan usaha modal kecil ini, ibu rumah tangga harus punya perangkat komputer/ laptop dan juga membayar koneksi internet yang stabil. Ada banyak pebisnis atau pemilik website/ blog yang membutuhkan penulis handal untuk membuat artikel di website mereka.

Lalu, bagaimana cara mempromosikan jasa menulis artikel?

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mempromosikan jasa Anda melalui situs-situs marketplace seperti Projects.co.id, Freelancer, atau bisa juga menggunakan media sosial seperti Facebook.

Di awal, mungkin bisnis ini terasa membosankan. Tapi bila Anda memang suka menulis dan cukup piawai merangkai kata, maka bisnis ini ke depannya akan bisa menjadi tumpuan hidup karena memang menguntungkan.

4. Bisnis Jualan Pulsa Elektrik

Bisnis jualan pulsa cukup menjanjikan, tapi ibu harus telaten dalam menjalankannya. Dengan modal awal yang sangat kecil (Rp 300.000), bisnis ini sudah bisa dimiliki dan dijalankan oleh ibu rumah tangga dari rumah.

Ibu rumah tangga yang tidak ingin membukan counter, bisa berjualan pulsa elektrik secara online. Namun, bila ada modal lebih akan lebih baik lagi bila punya counter yang bisa menambah pelanggan dari tetangga atau orang lain yang lewat di tempat usaha ibu.

Selain menjual pulsa, tentu saja ibu bisa menjual produk lain. Misalnya casing hp, aksesosir hp, dan beberapa produk lain yang sering dicari oleh pemilik smartphone.

Kesimpulan: Ibu rumah tangga jangan takut untuk memulai usaha sendiri karena sudah ada banyak contoh pengusaha sukses yang memulai bisnis mereka dari nol dengan modal kecil. Nah, empat contoh usaha modal kecil yang disebutkan di artikel ini bisa menjadi opsi.

Bila ibu punya minat dan keahlian lain dan ingin menjadikannya sebagai ladang bisnis, mengapa tidak?

Artikel terkait:

Banyak ibu rumah tangga yang ingin punya bisnis sendiri dan mencari contoh usaha modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah. Kebanyakan ibu rumah tangga ingin membantu perekonomian keluarganya dengan menjalankan bisnis dari rumah dengan modal yang pas-pasan.